Medicine

Latin medicina

Definisi

  1. Setiap obat atau racikan.
  2. Seni dan ilmu dalam menegak­kan diagnosis serta pengobatan suatu penyakit dan penjagaan kesehatan, ilmu kedokteran.
  3. Perawatan suatu penyakit bukan dengan pernbedahan (surgery).

aviation medicine : cabang ilmu kedokteran yang mengkhususkan diri dalam kesehatan penerbangan yang meliputi fisiologi, psiko­logi, perawatan dan pengobatan, dan masalah-masalah epidemiologi.

environ­mental medicine : ilmu kedokteran yang memper­timbangkan efek lingkungan pada manusia, termasuk pertumbuhan penduduk, peru­bahan iklim, polusi, dll.

folk medicine : penggunaan prosedur dan racikan setempat disesuaikan dengan tradisi, ilmu kedokteran tradisional.

forensic medicine : cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan aplikasi ilmu kedok­teran dalam upaya penegakan hukum. Istilah ini dan istilah yurisprudensi medik (medical jurisprudence) kadang-kadang dipakai sebagai sinonim, tetapi beberapa kalangan memasukkan forensik sebagai cabang dari ilmu kedokteran sedangkan jurisprudensi medik sebagai cabang ilmu hukum. Disebut juga legal medicine.

geriatric medicine : geriatri.

group medicine : praktik kedokteran oleh sekelompok dokter biasanya dengan berbagai spesialisasi yang bekerja sama dalam diagnosis, perawatan, dan pence­gahan penyakit.

hermetic medicine : sistem kedokteran semi-kimiawi yang diciptakan oleh Paracelsus (1493-1541). Disebut juga spagyric medicine

holistic medicine : suatu sistem dalam ilmu kedokteran yang melihat manusia sebagai suatu keseluruhan yang terintegrasi, atau sebagai satu unit fung­sional.

preclinical medicine

  1. ilmu kedokteran pencegahan;
  2. sebelum periode kepani­teraan klinik pada kurikulum kedokteran.

proprietary medicine : suatu obat atau racikan yang haknya dimiliki oleh suatu perusahaan farmasi yang dipasarkan kemudian menurut nama dagang perusahaan tersebut.

veterinary medicine : ilmu kedokteran hewan.

More in this category: « mega- Medication »