Pulpitis

 

Definisi

Inflamasi jaringan pulpa.

hyperplas­tic pulpitis, pulpitis hiperplastika, polip pulpa : suatu bentuk pulpitis ireversibel akibat pertum­buhan pulpa muda yang terinflamasi kronik ke permukaan oklusal. Biasanya timbul pada karies yang luas. Terjadi karena pada proliferasi jaringan pulpa dengan vasku­larisasi yang baik. Terlihat sebagai pem­besaran jaringan pulpa yang timbul dari kavitas dan berwarna merah.

irrevers­ible pulpitis  (pulpitis ireversibel): inflamasi pulpa yang ditandai dengan nyeri spontan atau nyeri akibat iritasi yang bertahan lebih dari 15 detik; jaringan pulpa telah mengalami infeksi dan pulihnya jaringan pulpa sudah diragukan dan biasanya diperlukan pera­watan saluran akar.

reversible pulpitis: inflamasi pada jaringan pulpa yang ditandai dengan nyeri terhadap rangsang seperti dingin, manis, asam dari karies, dentin tersentuh, yang berlangsung singkat dan hilang jika iritan hilang. Nyeri ini karena jaringan pulpa yang terletak pada daerah yang dikelilingi dentin yang rigid dan foramen apeks yang sempit. Disebut juga hiperemiae pulpae, karena kondisi hiperemis pada pembuluh darah pulpanya.

More in this category: « Pulpotomi Pulperyl »