Pulp

Definisi

Massa lunak dari jaringan.

dental pulp : pulpa gigi, jaringan lunak yang terletak di tengah gigi dikelilingi oleh dentin. Merupa­kan jaringan yang unik di antara jaringan tubuh atau organ; jaringan ini dapat melaksanakan fungsi sensoris, nutritif, formatif , dan defensif bagi gigi. Kapasitas defensif­nya bisa bersifat mekanik dengan meletak­kan dentin tersier terhadap stimulus eksternal, atau bersitat selular, untuk melawan infeksi.

pulp calcification (p. stone) : suatu kalsifikasi, biasanya dalam bentuk batu pulpa, yang terjadi sebagai respons atas trauma, karies, penyakit periodontium, atau iritan lain. Trombus dalam pembuluh darah dan lembaran kolagen sekitar pembuluh darah merupakan ciri bagi kalsifikasi ini.

pulp canal : saluran akar gigi, kanal atau saluran akar yang berisi jaringan pulpa mulai dari orifis sampai ke foramen apikalis.

pulp capping : upaya untuk mempertahankan / melindungi kevitalan ja­ringan pulpa dengan memakai bahan protektif atau terapeutik seperti hidroksida kalsium; direct pulp capping, jika pulpa vital terbuka karena sebab mekanis dan diper­kirakan belum terinfeksi, indirect pulp cap­ping, jika pulpa belum terbuka tetapi dikhawatirkan terbuka jika diekskavasi.

pulp cavity : kavitas pulpa, rongga pulpa, kavitas atau rongga yang berisi jaringan pulpa.

pulp chamber : kamarpulpa, rongga yang berisi jaringan pulpa di daerah mahkota gigi.

pulp connu : tanduk pulpa, perluasan jaringan pulpa yang menyerupai tanduk ke arah kuspa atau margin insisal. Disebut juga pulp horn.

red pulp : Jaringan pada limpa yang tersusun dari benang-benang limpa dan si­nus vena yang dilapisi oleh makrofag. Sel plasma kadang-kadang terlihat di regio ini.

white pulp : komponen limfoid dan limpa yang terdiri atas lembaran-lembaran periarteriolar dari limfosit dan SPA (sel penyaji antigen).