Phagocytosis

Fagositosis

Definisi

Secara literer berarti memakan sel; proses memakan dan mencerna sel lain, bakteri, jaringan nekrosis, atau benda asing. ElieMetchnikoff, di tahun 1892, merupakan orang yang pertama kali mencermati fagositosis.

Tahap awal fagositosis adalah proses perlekatan sel fagosit ke set target atau antigen, suatu kejadian tidak spesifik berupa interaksi leukosit dan target yaitu terjadi difusi. Difusi kemudian digantikan oleh interaksi yang lebih efisien yakni interaksi yang dimediasi oleh reseptor spesifik. Peningkatan atas interaksi ini dapat terjadi melalui opsonisasi, oleh beberapa komponen C3b dari sistem komplemen atau antibodi tertentu, IgG, IgM.

Berikutnya adalah tahap penelanan (ingestion). Pada akhir proses penelanan, benda asing (target) akan masuk ke dalam kantung bermembran yang disebut fagosom, yang berasal dari membran luar leukosit. Fagosom ini akan mengisolasi target asing tadi dalam kompartemen terpisah dalam sitoplasma inang. Kemudian fagosom akan berfusi dengan lisosom sitoplasma; tahap ini memungkinkan tahap berikutnya, yakni dicernanya target (digestion), diarahkan ke isi fagosom tanpa menimbulkan risiko mengganggu komponen sitoplasma inang.

Pengeluaran enzim digestif terjadi dalam proses degranulasi. Sel target (bakteri atau antigen) akan hancur oleh enzim hidrolase lisosom, pH asam dalam vakuola, protein kation, laktoferin, anion superoksid, hidrogen peroksida, atau peroksida-halogen-mieloperoksidase.

More in this category: « Pharyngitis Phagocyte »