Periodontitis

Definisi

Inflamasi jaringan penyangga gigi (periodontium). Kerusakan progresif yang bisa menyebabkan kehilangan tulang dan ligamen periodontium.

acute apical periodontitis : suatu inflamasi daerah periapeks gigi yang secara klinis terasa nyeri, disertai perasaan naiknya gigi pada soketnya; secara radiologis tidak terlihat ada lesi. Di daerah apeks, respons vaskuler terhadap antigen dalam pulpa akan menimbulkan edema; edema dan sel PMN akan dengan cepat mengisi ligamen periodontium menimbulkan nyeri yang akan mereda ketika tulang mulai teresorbsi dan terbentuk rongga untuk cairan edema.

adult periodontitis : periodontitis yang awitannya di atas usia 35 tahun. Kerusakan tulang berjalan lambat dan terutama terjadi dalam arah horizontal.

early onset periodontitis (EOP) : penodontitis destruktif yang terjadi pada usia muda dengan kerusakan tulang berjalan lebih cepat.

juvenile periodontitis : suatu bentuk periodontitis yang mempunyai awitan di masa pubertas. Ditandai dengan kerusakan tulang vertikal pada molar pertama permanen atau insisif (localized j.p.). Secara klinis tidak ada atau hanya sedikit terjadi inflamasi.Penyakit ini lebih banyak mengenai anak gadis dibandingkan anak laki-laki. Terlihat adanya defek fungsional pada monosit atau neutrofil, namun tidak pada keduanya. Dapat pula mengenai lebih banyak gigi (Generalized j.p.)

necrotizing ulcerative periodontitis : periodontitis yang terjadi akibat acute necrotizing ulcerative gingivitis yang berlangsung lama dan sering kambuh.Kerusakan yang terjadi terutama di interproksimal berupa terbentuknya kawah baik di jaringan lunak maupun di tulang.

pre-pubertal periodontitis : suatu istilah yang dianjurkan untuk periodonfitis yang mulai terjadi segera setelah erupsi gigi sulung.

rapidly progressive periodontitis : istilah yang dianjurkan untuk suatu bentuk periodontitis yang biasanya mulai antara pubertas dan 35 tahun,walaupun dapat saja dimulai pada usia yang lebih tua. Dapat dikaitkan dengan penyakit sistemik walaupun dapat pula terjadi pada orang sehat. Proses kerusakan berlangsung cepat.

refractory periodontitis : periodontitis destruktif yang timbul kembali walaupun telah dirawat secara mekanis dan kimia disertai peningkatan higiene mulut yang optimal.

More in this category: « Periodontium Periodonsia »