Cytokine

Sitokin

Definisi

Nama generik untuk molekul yang memediasi interaksi antar-sel.

Sekresi zat ini dihasilkan sesuai kebutuhan bergantung pada stimulusnya. Mediator ini dihasilkan oleh berbagai sel hemapoitik dan sel struktural dan memiliki efek pleiotropik pada sel target dalam regulasi pertahanan imunologik, respons inflamasi, pertumbuhan dan diferensiasi sel, dan remodeling serta perbaikan jaringan. Merupakan polipeptid atau glikoprotein berberat molekul rendah.

Pemahaman mengenai sitokin berkembang dan berbagai penelitian misalnya penelitian bidang imunologi, virologi, sel, dan biologi molekular, sehingga konsep yang seragam tidak cepat terbentuk dan timbul berbagai nomenklatur;.

Di tahun enam puluhan misalnya, namanya ditemukan oleh efek biologiknya sehingga sitokin yang dihasilkan oleh limfosit disebut limfokin, sedangkan yang disekresi oleh monosit disebut monokin.

Pada International Lymphokine Workshop ke-2 di Swiss tahun 1979, disepakati untuk memberikan satu nama generik bagi mediator tersebut yakni interleukin yang berarti komunikasi antar sel leukosit. Walaupun demikian masih ada yang memakai nama lama atas dasar sejarahnya (interferon), atau efek biologiknya misalnya colony stimulating factor, growth factor tertentu, dll.

Sifat-sifat sitokin antara lain sekresinya singkat; tidak pemah disimpan sebagai molekul yang preformed; setiap jenisnya diproduksi oleh lebih dari satu sel; bersifat pleiotropik; bersifat autokrin, parakrin, maupun endokrin. Sumber penting sitokin adalah sel limfosit-T helper.

More in this category: « Cytosol Cyst »