Palate

palatum ; langit-langit

Definisi

Atap rongga mulut yang memisahkan rongga mulut dengan rongga hidung; terdiri atas palatum keras (palatum durum) dan palatum lunak (palatum molle).

cleft palate / celah langit-langit : terdapatnya celah di palatum akibat tidak sempurnanya fusi selama perkembangan dan pertumbuhan palatum ; biasanya terjadi di palatum molle saja atau bisa pada keduanya dan meliputi celah bibir; celah ini biasanya membuka ke arah rongga hidung, meluas ke premaksilla dan disini bisa berdeviasi ke kiri atau ke kanan mengikuti garis fusinya; mnimbulkan masalah dalam makan dan berbicara. Disebut juga palatoschisis, palatum fissum atau uranoshism.

hard palate / palatum durum : palatum keras, dibentuk selama masa pertumbuhan oleh prosesus maksilaris dan tulang palatina yang bersatu di garis median dan ditutupi oleh membran mukosa; mukosanya istimewa keras dan memiliki rugae.

soft palate / palatum molle : palatum lunak, jaringan yang aktif yang membentang dari batas posterior palatum durum ke arah bawah dan belakang; terdiri atas lipatan-lipatan membran mukosa yang menutupi otot, struktur kelenjar, pembuluh darah, dan saraf. Selama penelanan, palatum molle ini naik untuk membantu menutup bagian hidung dari faring. Pada bagian posterior terdapat uvula.

More in this category: « Palatine PAF »