Root Canal

 

Definisi

Saluran pada gigi yang berisi pembuluh darah, saraf, dan limfe. Saluran ini berjalan dari kamar pulpa ke apeks gigi dan dikelilingi oleh dentin. Saluran tambahan atau saluran lateral merupakan percabangan dari saluran akar utama yang mengarah ke permukaan gigi.

 

accessory root canal : saluran akar tambahan, cabang dan saluran akar utama yang bisa terjadi di setiap tempat sepanjang akar.

root canal cultur­ing : metode untuk memeriksa kebersihan saluran akar dari mikroorganisme. Suatu poin kertas isap dimasukkan ke dalam saluran akar kemudian ditarik kembali dan digunakan untuk teknik pembiakan serta perneriksaan mikrobiologik.

root canal dressing dresing saluran akar, penempatan medikamen di saluran akar serta tambalan sementara. Medikamen yang kini biasa digunakan adalah preparat hidroksida kalsium.

root canal explorer : lihat broach.

root canal file : instrumen manual atau dioperasikan dengan mesin yang ujung kerjanya seperfi file, digunakan untuk menghaluskan dan melebarkan saluran akar dengan jalan gerakan maju mundur, bukan dengan rotasi.

root canal filling condenser : instrumen geng­gam kecil dan menguncup dengan ujung rata, membulat dalam penampang melin­tangnya, dirancang untuk memampatkan bahan dalam saluran akar.

root canal filling (McSpadden) compactor : instrumen manual yang jika dimasukkan ke dalam saluran akar yang berisi poin gutaperca, akan mencairkan poin itu dan kemudian memampatkannya ke dalam daerah apeks saluran akar.

root canal filling point : poin kecil menguncup yang digunakan untuk mengisi saluran akar

root canal paste carrier (rotary paste filler) : lentulo (spiral root canal filler), instrumen putar yang digunakan dengan memakai henpis untuk mengisikan bahan ke dalam saluran akar dengan gerak sentrifugal. Ujung kerjanya berbentuk putaran kawat halus.

root canal preparation : lihat cleaning and shaping.

root canal reamer : instrumen yang digerakkan manual atau dengan mesin yang dirancang untuk melebarkan dan membersihkan saluran akar dengan reaming action. Tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan diameter

root canal (lateral) spreader : instrumen manual menguncup yang dalam potongan me­lintangnya berbentuk bulat dan ujungnya runcing. Dirancang untuk memampatkan bahan pengisi saluran akar ke arah lateral.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

More in this category: « Root Resorption Root »