Radiation

 

Radiasi

Definisi

Pancaran energi dari sumbernya. Bentuk yang paling lumrah adalah berupa photon dalam bentuk gelombang radio, sinar-X, atau sinar gamma. Radiasi menyebabkan kerusakan pada jaringan hidup.

 

absorbed dose of radiation : jumlah radiasi yang diabsorbsi oleh jaringan (pengukuran unit SI-nya adalah dengan memakai gray). 

radiation burn : kerusakan kulit yang parah akibat terpapar pada radiasi, baik karena dosisnya yang tinggi dalam periode singkat maupun dosis rendah dalam periode yang lama. 

radiation hazard : radiasi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh (kerusakan somatik). Pemaparan (dalam dosis yang lebih kecil), terutama pada kelenjar seks, dapat menyebabkan perubahan dalam sifat-sifat gen (kerusakan gen). Upaya perlindungan meliputi tidak berada dalam ruangan selama dilakukan radiasi dan memakaikan apron pada pasien selama radiasi. Apron adalah apron timah yang dilapisi karet atau plastik. 

radiation injury : cidera karena radiasi, bisa berupa cidera SOMATIK, mengenai jaringan tubuh dalam bentuk luka bakar, hilangnya jari tangan atau kaki, rasa mual dan muntah, atau GENETIK, yakni mengenai keturunan yang sel reproduksi orang tuanya telah terpapar pada dosis rendah. 

radiation sickness : Iihat radiation injury.

radiation therapy : terapi dini untuk pertumbuhan keganasan dan sejumlah penyakit kulit dengan memakai radium, sinar-X, dan isotop radioaktif.

More in this category: « Radical Radial »