Collagen

 

Kolagen

Definisi

Protein struktural yang kaya akan glisin dan prolin dan merupakan komponen utama matriks ekstrasel dan jaringan ikat.

Dalam jaringan pulpa, merupakan salah satu protein struktural di samping elastin yang merupakan bagian matriks ekstrasel. Molekul kolagen tunggal (tropokolagen) terdiri atas 3 rantai polipeptid yang disebut alfa-1 dan alfa-2 bergantung kepada komposisi dan urutan asam aminonya.

Berdasarkan kombinasi dan ikatan rantai polipeptid yang membentuk tropokolagen, terdapat empat tipe kolagen :

 

  • Tipe I terdapat dalam kulit, tulang, dentin dan pulpa. Tipe ini dominan di dalam dentin.
  • Tipe II terdapat dalam kartilago.
  • Tipe III ditemukan di jaringan yang tidak termineralisasi; dalam pulpa bovine, tipe ini merupakan 45% dari kolagen pulpa total selama semua tahap perkembangan.
  • Tipe IV hanya ditemukan dalam membran basalis.

Kolagen tipe I disintesis dan disekresi oleh odontoblas untuk diinkorporasikan dalam matriks dentin sementara fibroblas menghasilkan kolagen tipe I dan III dalam pulpa.

Proporsi tipe kolagen boleh dikatakan konstan dari mulai perkembangan sampai mencapai kematangan, walaupun isi kolagen secara keseluruhan menjadi lebih nyata di usia tua karena kolagen akan lebih merupakan bundel ketimbang serabut tunggal. Biasanya, pulpa di bagian apeks lebih bersifat kolagen daripada di bagian korona; dengan demikian, ekstirpasi pulpa total dengan jarum ekstirpasi akan lebih mudah jika mengambil dari daerah apeks ketimbang mengambil daerah korona.

 

More in this category: « Complement System coenzyme »