Ultrasonic (Ultrasound)

Ultrasonik ; Latin : ultra + sonus = bunyi

Definisi

Frekuensi gelombang bunyi yang lebih tinggi daripada normal yang bisa didengar telinga. Gelombang ultrasonik digunakan dalam dunia kedokteran sebagai alat diagnosis untuk memeriksa organ-organ dalam tubuh.

Dalam kedokteran gigi biasa digunakan dalam usaha untuk membersihkan karang gigi, dan membersihkan saluran akar serta mengirigasinya.

endodontic ultrasonic instrument : instrumen ultrasonik untuk perawatan endodonsia. Meliputi instrumen untuk preparasi, pembersihan (debridemen, dan irigasi saluran akar. Alatnya biasanya menimbulkan energi getaran lebih dari 20.000 Hz. Efek debridement diperoleh dari gerakan cairan yang sangat cepat di sekitar obyek yang bergetar. Energi getaran (vibrasi) ini dapat dimanfaatkan pula untuk melonggarkan kon perak, pasak, dan hambatan lain, serta untuk menembus bahan pengisi pasta. Energi getaran (vibrasi) diperoleh dari sistem magnetorestriktif atau piezoelektrik.

ultrasonic scaler : skeler ultrasonik, instrumen untuk penskeleran (scaling), pembersihan karang gigi, yang mempunyai ujung berbagai bentuk dan bisa dipertukarkan. Ujung tersebut bergetar dalam kecepatan ultrasonik di bawah semprotan air. Jangan digunakan pada pasien yang memakai pacu jantung.

 
More in this category: « Ultra-Violet Light Ultra-Red »