Antigen

Antigen

Definisi

Suatu molekul yang menyebabkan terbentuknya antibodi (antibody generation) 

 

antigen presentation : penyajian antigen, suatu proses yang melukiskan sel-sel tertentu dalam tubuh (sel penyaji antigen — SPA) mengekspresikan antigen dalam permukaan seInya dalam suatu bentuk yang dapat dikenali oleh limfosit. 

antigen processing : pemrosesan antigen, suatu konversi dari suatu antigen menjadi suatu bentuk yang dapat dikenali oleh limfosit. 

antigen presenting cell : APC, SPA — sel penyaji antigen, suatu varietas tipe sel yang membawa antigen dalam bentuk yang dapat menstimulasi limfosit. Sejumlah antigen ditangkap oleh SPA di perifer dan dibawa ke jaringan limfoid sekunder, sementara SPA lain adalah sel yang secara normal merupakan penghuni jaringan dan mengintersepsi antigen ketika antigen itu datang. Sementara sel B mengenali antigen dalam bentuknya yang asli, sel Th hanya mengenali peptida antigen yang telah diasosiasikan dengan molekul MHC, sehingga untuk menyajikan antigen ke sel Th, suatu SPA harus mengolahnya ke dalam fragmen dan mengekspresikannya kembali di permukaan sel dengan molekul kelas 11 MHC. Selain itu, banyak SPA menyediakan sinyal stimulasi tambahan pada limfosit baik melalui interaksi sel langsung atau melalui sitokin. Beberapa SPA utama dari limpa atau nodus limfatikus adalah antara lain sel Langerhans, sel leukosit dendritik, selmakrotag, dan lain-lain.

More in this category: « Antihistamine Antidote »