Antibody

Antibodi

Definisi

Protein yang dihasilkan oleh limfosit yang akan berikatan secara selektif dengan antigen spesifik; disebut juga imunoglobulin (Ig).

antibody forming cells (AFC) : adalah sel B yang telah mengalami diferensiasi terminal. Terihat di pulpa merah dari limpa, di medula dari nodus limfatikus, dan dalam MALT dan dalam jumlah sedikit di lokasi inflamasi. Disebut juga sel plasma.

monoclonal antibody : antibodi monoklon, adalah antibodi homogen yang dihasilkan oleh klon tunggal. Biasanya dibuat dari hibridoma, yang disiapkan dengan memfusikan sel limpa tikus atau mencit yang telah diimunisasi dengan sutu mieloma non-sekretor menggunakan polyethylene glycol. Campuran fusi dikulturkan dalam medium HAT (mengandung hiposantin, aminoptern, dan timidin). Sel limpa resisten terhadap HAT sedangkan mieloma sensitif terhadap HAT. Sel limpa akan mati secara alamiah setelah kultur 1-2 minggu, tetapi sel yang difusikan dapat bertahan hidup karena memiliki sifat imortal mieloma dan metabolic bypass dari sel limpa. Beberapa dari sel yang berfusi mensekresi antibodi, dan supernatannya dites dalam assay spesifik. Sumur yang memproduksi antibodi yang diinginkan kemudian diklonkan.

More in this category: « Antidote Antibiotic »