Acute

Latin : acutus = tajam

Definisi

  1. Tajam, lancip.
  2. Menggambarkan suatu kondisi yang awitannya timbul dengan cepat, tidak lama, gejalanya jelas, intens dan hebat, serta kebalikan dari kronik. 

acute necrotizing ulcerative gingivitis (ANUG) : suatu inflamasi gingiva akilbat infeksi bakteri dan sangat terasa nyeri. 

acute apical periodontitis : merupakan respons yang sangat sakit yang timbul sebelum tulang alveolar mengalami resorpsi akibat adanya edema dan sel-sel PMN yang mengisi ligamen periodontium antara gigi dan tulang; nyeri berangsur mereda jika tulang resorpsi dan terbentuk rongga bagi cairan edema. Pasien juga mengeluhkan meningginya gigi; tidak tampak lesi di radiograf. 

acute phase protein : protein serum yang levelnya akan meningkat (sampai 100 kali lipat) selama infeksi atau reaksi inflamasi. Contohnya adalah C reactive protein (CRP). Dinamakan demikian karena kemampuannya berikatan dengan protein C dan pneumokokus. CRP jika berikatan dengan bakteri, akan mendorong terikatnya komplemen yang akan menstimulasi fagosit untuk memakan bakteri. Proses pelapisan protein untuk meningkatkan terjadinya fagositosis disebut opsonisasi. Balk CRP maupun protein komplemen dikatakan bertindak sebagai opsonin.

More in this category: « Acyl Acupuncture »