Syphilis

Siffilis

Definisi

Penyakit kelamin yang menular yang disebarkan oleh kontak langsung dengan orang yang terinfeksi mikroorganisme bernama Treponema pallidum. Sifilis merupakan penyakit yang berjalan dalam tiga stadium dan berpotensi menimbulkan infeksi silang pada praktik dokter gigi melalui kontak dengan lesi oral.

Pada stadium pertarna biasanya timbul ulkus yang keras tetapi tidak nyeri, disebut chancre, dan biasanya pada alat kelamin dan jika timbul di mulut clapat menyerupai herpes hanya lebih gelap. Potensi menular melalui kontak. Lesi pertama ini akan menyembuh sendiri sehingga adakalanya pasien menganggap penyakitnya suclah sembuh. Stadium kedua, juga berpotensi menular melalui kontak pada permukaan yang terbuka. Manifestasi oral penyakit ini sering terabaikan. Tanda-tanda khusus yang patut diperhatikan personil kesehatan gigi adalah

  • timbulnya papula di sudut mulut;
  • bercak putih keabu-abuan basah, pada lidah, atap mulut, tonsil, atau permukaan dalam bibir (potensi penularannya besar), dan
  • ruam seperti pada penyakit campak, pustula seprti cacar, clan rontok¬nya rambut. Stadium ketiga disebut juga sifilis laten, biasanya fatal, dan timbul setelah penyakit ini mengendap selama sekitar 20 tahun. Pada stadium keempat, terbentuk nodulus gumma pada palatum atau lidah. Kadang-kadang terjadi perforasi palatum. 

Sifilis merupakan penyakit yang biasa dijumpai pada penderita SiDID. Kuman T. pallidum tak dapat bertahan hidup lama di luar tubuh dan mudah dihancurkan oleh disinfeksi dan pendinginan. Personil kesehatan gigi berisiko terkena penularan melalui kontak dengan Wit dan lesi mukosa pada siflis primer dan sekunder di sekitar rongga mulut. Transmisi bisa terjadi misaInyaj ika terdapat lesi kecil pada tangan yang tidak memakai sarung tangan. Disebut juga lues.

congenital sifilis : sifilis kongenital, lues kongenital, sifilis yang terjadi pada neo-natus yang terinfeksi in utero oleh ibunya.

 
More in this category: « Syringe Synthetic »