Streptococcus

Streptokokus

Definisi

Mikroorganisme Gram positif berbentuk bulat (kokus) yang membeiah dalam satu bidang dan tidak mudah lepas sehingga cenderung bertumbuh dalam formasi rantai.

Di rongga mulut populasinya tinggi dengan lokasi yang bervariasi. Pada plak gigi dapat ditemukan S. sanguis dan S. mutans, sementara S.salivarius ditemukan terutama di lidah, S. mitis pada jaringan mukosa.Masing-masing spesies terkait dengan penyakit tertentu (misaInya S. mutans—dengan karies dan S. sanguis — sering terlibat dengan endokarditis bakteri).

alpha hemolysis streptococcus  : streptokokus yang menyebabkan hemolisis tidak sempurna.

beta hemolysis streptococcus : streptokokus yang menyebabkan hemolisis sempurna.

Streptococcus mutans : terdapat bukti genetik yang kuat bahwa spesies ini terdiri atas beberapa spesies berbeda. S. mutans adalah dari serotipe c,e, dan f dan terdapat pada manusia. Spesies lain yang secara fisiologis sangat sama dengan S. mutans ditemukan pada rodentia misaInya S. rattus, S.cricetus, dan S. ferus. Fisiologi organisme-organisme ini,terutama dalam metabolisme karbohidrat,demikian miripnya, sehingga digolongkan dalam kelompok "mutans". Berbeda dengan streptokokus oral lain yang variasi karbohidrat yang difermentasikannya tidak begitu banyak, S. mutans menyebabkan penurunan pH yang lebih besar pada media solid dibandingkan dengan S. sanguis.Lihat juga mutans streptococci.

Streptococcus salivarius : merupakan organisme yang dominan dalam saliva, habitat normaInya lidah, jarang menyebabkan hemolisis alfa,dan merupakan indikator kontaminasi saliva.

Streptococcus viridans : mikroorganisme patogen yang terdapat di dalam saluran pemapasan. Dikenal dengan nama alfa haemolysis streptococcus karena kemampuannya membentuk zona hemolisis yang tidak sempurna dalam agar darah. Mikroorganisme ini menyebabkan endokarditis bakterial subakut pada manusia dan dokter gigi harus hati-hati dalam melakukan pera-watan dental pada pasien yang menderita penyakit ini.

 
More in this category: « Streptokinase Streptococci »