Sodium

Natrium ; Latin : natrium

Definisi

Elemen logam alkali yang lunak, putih perak. Simbol Na, nomor atom 11, berat atom 22,990. Pada valensi satu, afinitasnya terhadap oksigen sangat kuat. Na merupakan kation utama dari cairan ekstrasel tubuh. Garam natrium merupakan garam yang banyak digunakan dalam bidang kedokteran.

sodium chloride : garam dapur atau garam meja, NaCl, suatu mineral yang larut dalam air, terdapat dalam bentuk kristal tak berwarna atau bubuk putih, banyak dijumpai di laut atau tanah. Merupakan 90% konstituen anorganik dari serum darah. Digunakan untuk pembuatan larutan salin fisiologik dan isotonik, sebagai vehicle isotonik untuk obat-obatan, suatu obat anti-hiperkalsemia, dan antidot untuk keracunan Ag-nitrat; digunakan pula sebagai preparat untuk irigasi luka.

sodium chloride (salt) mouthwash : obat kumur salin yang terdiri atas sesendok teh gararn dapur dan segelas air hangat.

sodium fluoride paste : pasta berisikan NaF,, kaolin, gliserin, dan pigmen. Dipakai untuk aplikasi pada daerah gigi yang sensitif, seperti regio seirvikal, guna mengurangi sensitivitas dan memperkuat ketahanan email.

sdoium hypochlorite : Natrium hipoklorit, (NaOCl), desinfektan berspektrum luas dan dapat membunuh banyak mikroba. Sifat desinfeksinya lebih kuat daripada alkohol, senyawa fenol, dan amonium kuatemer. Zat ini juga memiliki sifat deodoran dan sifat pemutih yang kuat. Dapat digunakan untuk mendesinfeksi permukaan; permukaan yang didesinfeksi biasanya dibiarkan terbasahi zat ini selama 10 menit, idealnya 30 menit; ion khlor yang dikandungnya diduga akan menginaktifkan enzim sulfhidril dan asam nulkleat serta mendenaturasi protein. Zat ini sangat poten terhadap bakteri bentuk vegetatif, virus, dan beberapa bentuk spora tetapi bersifat korosif terhadap logam, iritatif terhadap kulit dan mata, dan baunya menyengat. Disebut juga larutan Dakin, menurut nama dr. Dakin yang menggunakannya sebagai pendesinfeksi luka secara efektif pada waktu pecah perang dunia pertama. Dalam kedokteran gigi, merupakan bahan pengirigasi dan pendesinfeksi saluran akar selama preparasi saluran akar yang dianggap baik. Sumber bahan ini adalah bahan pemutih cucian misalnya Clorox atau Purex yang mengandung NaOCl 5,25%; banyak peklinilk yang mengencerkannya untuk mengurangi potensi iritasinya dan larutan 2,5% adalah kadar yang direkomendasikan walaupun konsentrasi penuh atau 1,25% juga banyak digunakan. Sebagai bahan irigasi saluran akar NaOCl dapat berfungsi sebagai debridement, pelumas, pembunuh kuman, dan pelarut jaringan lunak. Larutan ingasi ini harus dibuat setiap hari sebelum perawatan.

sodium perborate : Natrium perborat, suatu senyawa NaBO3.4H2O, yang dibuat melalui interaksi asam borat atau natrium borat dengan natrium atau hidrogen peroksida. Merupakan senyawa antiseptik, dalam obat kumur sebagai larutan 2 persen yang melepaskan O-nascent sehingga dapat mencegah pertumbuhan organisme anaerob; nama dagang : Bocasan, dalam pasta gigi digunakan bubuk 10-20 persen. Bersama-sama H2O2 digunakan sebagai bahan pemutih. Lihat walking bleach.

sodium potassium tartrate (potassium sodium tartrate, Rochelle salt) : zat untuk memperlambat reaksi pengerasan yang ringan sifatnya yang juga menyebabkan reduksi bermakna dalam ekspansi selama pengerasan dan sedilkit mengurangi kekuatan kompresi gips yang telah mengeras.

More in this category: « Sorption Soda »