Silver

Latin : argentum

Definisi

Logam lunak dan putih yang dapat dibentuk. Simbol kimia Ag. Nomor atom 47, berat atom 107,870. Dalam kedokteran gigi banyak dipakai dalam material tambalan, pada penyolderan, atau sebagai material obturasi saluran akar.

silver casting alloy : aloi tuang logam mulia yang terdiri atas 95% perak dan 5% tembaga. Digunakan terutama dalam pembuatan splin tuang dalam kasus pembedahan.

silver halide : garam logam yang mengisi matriks gelatin yang melapisi permukaan plastik film radiograf.

silver nitrate : AgNO, bahan kristal putih atau tidak berwarna yang mempunyai sifat koagulan dan kaustik; bersifat antiseptik dan digunakan secara topikal pada konyunktiva sebagai bahan profilaksis terhadap ophthalmia neonatorum. Dalam kedokteran gigi, dahulu digunakan dalam bentuk mumi, atau dalam larutan amoniak, namun kini jarang digunakan. Jika direduksi oleh minyak cengkeh menimbulkan deposit hitam.

silver cone, (s. point) : kon perak, kon berbentuk kerucut dari logam, terbuat terutama dari perak, yang dipakai sebagai bahan obturasi saluran akar bersama-sama dengan semen saluran akar. Keuntungan pemakaian kon perak adalah tersedia ukuran kelancipan yang sesuai dengan instrumen standar yang digunakan sehingga memudahkan pemilihannya, dan dapat mengisi saluran akar kedl relatif lebih mudah. Kekurangan kon perak antara lain sukar dikeluarkan kembali jika perlu; demikian pula jika diperlukan pengambilannya untuk pem-buatan pasak. Dilaporkan pula bahwa, pada kasus yang gagal terdapat kon perak yang mengalami korosi.

silver solder : aloi penyolder dengan perak sebagai bahan utama ditambah tembaga, seng, dan timah yang meleleh di bawah titik lebur logam yang sedang disolder.

More in this category: « Simple Cavity Silk Ligature »