Shock

Syok

Definisi

  1. Gangguan keseimbangan mental yang mendadak.
  2. Keadaan terganggunya atau anjloknya tekanan darah yang dapat mengakibatkan gagalnya sistem sirkulasi untuk mempertahankan pasokan oksigen dan cairan pada organ-organ vital; mungkin akibat tidak cukupnya volume darah (syok hipovolemik), fungsi jantung yang tidak memadai (syok kardiogenik), atau tonus vasomotor yang tidak memadai (syok neurogenik, syok septik); bila tidak diobati akan mengarah kepada kurangnya oksigen di dalam jaringan dan hilangnya cairan jaringan dan bisa fatal.

anaphylactic shock : syok anafillaktik, reaksi cepat dan parah yang diakibatkan oleh suntikan suatu protein dan pasien sensitif terhadap protein tersebut.

burn shock : syok akibat hilangnya plasma karena adanya luka bakar.

cardiac shock : syok kardiogenik, syok akibat gagalnya fungsi jantung dalam memompa clarah, seperti pada infark miokard, atau obstruksi mekanik jantung. Tanda-tandanya antara lain hipotensi, hiperventilasi, rasa dingin, kulit yang membiru, nadi lemah dan cepat, oliguria, dan cemas.

delayed shock : syok yang timbul beberapa waktu setelah kejadian yang merupakan trauma bagi pasien.

electric shock : syok yang disebabkan oleh lewatnya aliran listrik pada tubuh.

hypoglycemic shock : reaksi hipoglikemia terhadap bedebihannya asupan insulin pada penderita diabetes yang bergantung kepada insulin; gejala awalnya adalah tremor, uring-uringan (irritability), pening, kulit terasa dingin dan basah, lapar, dan takhikardia; bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan koma dan konvulsi. Disebut juga insulin shock.

primary (vasovagal) shock : terjadi spontan karena nyeri, ketakutan, atau pemandangan yang tidak mengenakkan, misalnya pingsan. Pasien harus ditempatkan pada posisi kepala lebih ke bawah, pakaian ketat dilonggarkan, dan harus disediakan suplai udara yang cukup. Jika timbul keraguan, pasien hendaknya dirumah-sakitkan.

septic shock : syok yang dikaitkan dengan infeksi yang hebat, terutama akibat bakteri Gram negatif, walaupun bisa juga terjadi akibat bakteri lain, virus, fungi, atau protozoa.

surgical shock : syok disebabkan oleh perdarahan atau kehilangan cairan tubuh seperti yang terjadi pada luka bakar; syok yang terjadi pada saat atau setelah pembedahan.