Seal

Definisi

Material yang menyebabkan penutupan yang sempurna; menutup atau menyekat dengan sempurna; dalam kedokteran gigi, suatu material untuk menutup lubang pada gigi. 

anterior oral seal : penutupan rongga mulut secara otomatis yang disebabkan oleh berkontaknya bibir atau kontak dengan bibir bawah dan lidah dan/atau mukosa palatal. 

border seal : kontak pinggiran protesa dengan jaringan lunak yang mencegah lewatnya udara agar tidak kehilangan retensi. Istilah peripheral seal sudah tidak dipakai lagi. 

double seal : suatu penutupan (tambalan) yang terdiri atas dua lapis; gutaperca merupakan lapisan paling bawah; digunakan untuk tambalan sementara pada perawatan endodonsia. 

posterior oral seal : penutupan yang disebabkan oleh palatum lunak dan dorsum lidah selama berbicara atau mengunyah. posterior palatal seal (post dam) : penutupan di daerah batas posterior protesa atas. 

velopharyngeal seal : penutupan antara rongga mulut dengan rongga nasofaring, diperoleh dari aksi otot-otot palatum molle dan otot konstriktor superior.

 

More in this category: « Sealapex Scurvy »