Dental

Definisi

Berkaitan dengan gigi atau gigi-geligi.

dental amalgam : bahan tumpatan plastis, diperoleh dengan mencampurkan Hg dengan suatu aloi. Dewasa ini, merupakan bahan tumpatan kontroversial karena kandungan merkurinya. Pertama kali diperkenalkan oleh Onesiphore Traveau, seorang dokter gigi Perancis dan Charles Bell, seorang ahli kimia Inggris.

low-copper dental amalgam alloy : aloi yang mengandung tembaga (Cu) 2-5 persen. Disebut juga conventional dental amalgam.

high-copper dental amalgam alloy, : aloi amalgam yang mengandung tembaga 12-30 persen.

dental arch : susunan gigi dalam rahang.

dental caries : karies dentis, penyakit gigi yang disebabkan oleh mikroba dan mengakibatkan pelarutan dan perusakan setempat dari jaringan keras gigi.

dental floss : benang atau pita yang dipakai untuk membersihkan sela-sela gigi dari plak atau debris. Benang tersebut terbuat dari sutera yang dilapisi atau tidak dilapisi lilin; atau terbuat dari bahan sintetis.

dental hygienist : orang yang dididik dan berkemampuan untuk melaksanakan upaya preventif dan upaya kuratif tertentu dalam bidang kedokteran gigi misalnya upaya pengendalian plak, pembuangan karang gigi, aplikasi bahan penutup fisur dan fluoridasi topikal, serta pendidikan kesehatan gigi. Semuanya di bawah pengawasan dokter gigi.

dental plaque : plak gigi.

dental prop :instrumen intraoral yang digunakan agar mulut tetap terbuka misalnya Hewitt, McKesson.

dental prophylaxis : prosedur pembuangan plak, pelikel, dan stain dari gigi dengan memakai bur sikat yang dibubuhi pasta pemoles.

dental pulp : jaringan yang terdapat di dalam ruang pulpa gigi. Jaringan fibro-seluler seperti jelly dan terdiri atas badan sel, odontoblas, pembuluh darah, serabut saraf dan limfatik.

dental stone :

  1. nama umum bagi bahan untuk model atau die.
  2. instrumen abrasif rotatif untuk pengasahan dan pemolesan.

dental surgery assistant (DSA) : orang yang dilatih membantu dokter gigi dan bertanggung jawab bagi kebersihan dan kerapihan peralatan, instrumen, dan material klinik gigi. DSA harus memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai sterilisasi dan desinfeksi instrumen dan peralatan praktek serta bertanggung jawab atas persiapan ruang praktek bagi semua prosedur dental. Pelatihan untuk DSA biasanya meliputi pengisian dan pengelolaan kartu status; membantu secara aktif semua pekerjaan dokter gigi; membantu pasien sebelum, selama, dan sesudah anestesi; memberikan nasihat mengenai pemeliharaan kebersihan mulut kepada pasien; membuat, memproses, memasang dan mengarsipkan radiograf; mengurus administrasi dan penerimaan pasien; dan menjunjung tinggi etika profesi kedokteran gigi.

dental technician = tekniker gigi : orang yang ahli dalam membuat gigi palsu, mahkota, inlay, jembatan, perangkat ortodonsia, splin, dsb., sesuai dengan resep dokter gigi.

dental therapist, dahulu disebut sebagai dental auxilliarry, orang yang dilatih dan mempunyai kualifikasi melakukan perawatan gigi sesuai dengan instruksi dokter gigi, perawatan anak-anak di rumah sakit, dan pusat-pusat pelayanan kesehatan di Inggris. Diizinkan untuk melakukan tambalan sederhana gigi sulung dan gigi tetap, aplikasi cairan, gel, atau bahan penutup dalam upaya preventif, dan memberikan pendidikan mengenai kesehatan dan kebersihan gigi.

More in this category: « Dentate dent- (dent-, dento-) »