Ethylene Dioxide

Dioksida etilen

Definisi

Suatu sterilisator kimia. Gas ini telah diakui oleh ADA dan CDC sebagai metode sterilisasi yang dapat diterima terutama bagi material yang dapat rusak oleh sterilisasi panas dan/atau uap.

Zat kimia ini bersifat sporisid, virusid, tidak merusak material, dan menguap tanpa meninggalkan residu. Dioksida etilen murni bersifat agak toksik, dapat menimbulkan alergi, kerjanya lambat, dan membentuk campuran eksplosif dengan air. Oleh karena itu, preparat komersialnya mengandung CO, atau suatu gas inert untuk membentuk kombinasi aktif yang lebih stabil.

Kerja dioksida etilen adalah menginaktifkan asam nukleat dan protein sel mikroorganisme. Suhu yang diperlukan adalah suhu kamar (25°C) dan waktu yang diperlukan adalah 10-16 jam, bergantung kepada material.

Material yang dapat disterilkan : kantung plastik, dan kertas. Pengepakan materialnya harus memungkinkan dipenetrasi oleh gas.

Material yang tak dapat disterilkan: kontener kaca atau logam yang tertutup rapat.

Keuntungan: kapasitas penetrasi yang tinggi, tidak merusak material yang tidak tahan panas (termasuk karet dan henpis), menguap tanpa meninggalkan residu, dan cocok untuk material yang tak dapat terpapar pada kelembaban.

Kerugiannya: memakan waktu, dapat menimbulkan iritasi, dapat eksplosif jika ada nyala api atau loncatan api. Lihat pula sterilization

More in this category: « eu- Ethyl Chloride »