Emphysema

Emfisema istilah berasal dari bahasa Yunani yang berarti emphysan ἐμφυσᾶν "mengembang" - itu sendiri terdiri dari ἐν en, yang berarti "dalam", dan φυσᾶν physan, yang berarti "napas, ledakan"

Definisi

Keberadaan udara yang abnormal dalam jaringan atau rongga tubuh.

Emfisema adalah suatu penyakit progresif,  jangka panjang paru-paru yang terutama menyebabkan sesak napas. Emfisema subkutan adalah suatu kondisi ketika gas atau udara hadir dalam lapisan subkutan kulit.

Pada orang dengan emfisema, jaringan yang diperlukan untuk mendukung bentuk fisik dan fungsi paru-paru hancur. Hal ini termasuk dalam kelompok penyakit yang disebut penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK (paru mengacu pada paru-paru). Emfisema disebut penyakit paru-paru obstruktif karena kerusakan jaringan paru-paru di sekitar kantung kecil, yang disebut alveoli, kantung-kantung udara ini membuat tidak dapat menahan bentuk fungsional mereka pada pernafasan. Emfisema paling sering disebabkan oleh merokok tembakau dan paparan jangka panjang terhadap polusi udara.

 

Gambaran Radiologi Emphysema | Kamus Kedokteran Gigi by GigiGeligi.Com   Gambaran CT Scan Emphysema | Kamus Kedokteran Gigi by GigiGeligi.Com

More in this category: « Empyema Emisi »