File

Definisi

  1. Cara penyimpanan informasi atau catatan (file).
  2. Instrumen dari logam yang digunakan untuk mengikir atau menghaluskan permukaan. Contohnya file tulang, file saluran akar (tipe K, tipe H, dill.).

 

root canal file : file yang digunakan untuk membersihkan dan membentuk saluran akar pada perawatan enclodonsia.

Anatomi suatu file terdiri atas bilah pemotong, tangkai, clan gagang. Bilah pemotongnya, biasanya berulir, menurut spesifikasi ISO berukuran panjang 16 mm, dengan ujungnya dinamakan DO dan pangkalnya D16. Perbedaan diameter antara DO dan D16 adalah 0,32 mm; dengan demikian derajat kelonjongan (taper) instrumen ini adalah 0,02. Penomoran file didasarkan atas diameter pada DO, sehingga file nomor 10 memiliki diameter, 0,10 mm pada DO dan 0,42 mm pada D16.

Terdapat tiga macam file menurut panjang file keseluruhannya (antara ujung bilah pemotong, DO, sampai pangkal gagang) yakni tipe panjang (31 mm), tipe sedang (25 mm) clan tipe pendek (21 mm). Menurut bentuk penampang clan ulirannya dikenal berbagai tipe file yakni file tipe K, file tipe H, dan tipe R.

ISO juga mengatur standar wama bagi tiap nomor. Dalam penggunaannya, dapat diperoleh file yang digunakan dengan tangan (manual) atau dengan bantuan henpis (misalnya instrumen Giromatic). Sesuai dengan perkembangan teknik preparasi saluran akar, dan ditemukannya bahan yang lebih lentur dan tahan fraktur (misalnya bahan nikel-titanium), kini sudah dapat diperoleh jenis file dengan derajat ketirusan yang lebih besar dari ketirusan standar ISO yang 0,02, yang juga dapat diperoleh dalam bentuk penggunaan manual atau dengan henpis.

greater taper hand file : file dengan derajat ketirusan yang lebih besar daripada file standar ISO biasa (0,02). Biasanya diaktifkan dalam gerak berlawanan jarum jam, dan dengan DO yang sama yaitu 0,20 mmm. Terdapat empat wama dengan derajat ketirusan yang berbeda yakni putih dengan ketirusan 0,06, kuning 0,08, merah 0,10 clan biru 0,12. Untuk meningkatkan fleksibilitasnya pada file ini terdapat diameter ulir maksimum (MFD — maximum flute diameter) yakni sebesar 1,00 mm sehingga panjang ulir pemotongnya bervariasi (putih 14 mm, kuning 10 mm, merah 8 mm, dan biru 6 mm). Materialnya adalah nikel-titanium.

H-type (Headstrom) file : file H, banyak digunakan untuk membuat bentuk corong ke arah oklusal dari saluran akar. Penampangnya berbentuk bulat.

Hero 642 file : suatu file yang digerakkan dengan henpis dengan kecepatan yang direkomendasikan sebesar 500 sampai 600 rpm. Instrumen ini dapat diperoleh dalam ukuran 20 sampai 45 standar ISO dengan ketirusan 0,02 mm/mm; No. 20, 25, dan 30 juga dapat diperoleh dengan tingkat ketirusan 0,04 dan 0,06 mm/mm.

K-type file : file tipe-K, pertama kali diperkenalkan tahun 1901 dan memperoleh nama "K"nya dari pemegang patennya, Kerr Manufacturing Co. Berulir cukup rapat clan penampangnya segiempat sehingga dapat dipakai juga dengan gerakan rotasi. LightSpeed f., suatu file yang digerakkan dengan henpis yang menyerupai gates glidden drill. Terdapat dalam sediaan nomor 020 sampai 140 (ISO) dan nomor setengah, Terbuat dari nikel-titanium clan kecepatan yang direkomendasikan adalah 1000 sampai 2000 rpm.

ProFile rotary file : Terbuat dari nikel-titnium, terdiri atas Profile 0,04& 0, 06 tapers, orifice shapers, dan GT rotary f Kecepatan henpis yang direkomendasikan adalah antara 150 sampai 300 rpm. ProFile 0,04 & 0,06 tapers, buatan Dentsply, dengan ujung yang tidak memotong, terdiri atas empat warna (nomor) dengan diameter DO yang makin membesar, dan ulir pemotong sepanjang 16 mm; orifice shapers, terdiri atas enam instrumen, dengan panjang ulir pemotong 10 mm, ujung tidak memotong, dan diameter DO yang makin membesar. GT rotary f., terdiri atas empat instrumen, ujung tidak memotong, diameter DO yang tidak berubah tetapi panjang ulir pemotong yang berbeda karena adanya MFD yang 1,0 mm. (Iihat Apendiks XX).

Quantec file : instrumen dari nikel titanium buatan Analytic Endodontics, Kalifornia, dapat diperoleh dengan tingkat ketirusan 0,12, 0,10, 0,08, 0,06, 0,05, 0,04, 0,03, clan 0,02 mm/mm. Semua memiliki D- yang sama, 0,25 mm; kecepatan henpis yang direkomendasikan adalah 340 RPM.

NiTi file : file berbahan clasar nikel-titanium. bisa berupa file manual atau file yang digerakkan dengan mesin.

More in this category: « Fissure Filariform »