bur

 

Definisi

Instrumen pemotong rotatif yang memiliki kepala dengan bilah-bilah pemotong. dental bur : bur yang dipakai untuk preparasi kavitas, proses akhir restorasi, dan pembuangan tulang.

Bur biasanya dipasang pada henpis dan umumnya memiliki Dagian-bagian seperti head (kepala bur, bilah, mata bur) yang merupakan bagian yang memotong, shank yang merupakan bagian yang terpasang di henpis, dan leher bur yang menghubungkan kepala dan gagang bur.

Desain shank menurut spesifikasi ADA No. 23 adalah shank untuk henpis lurus, shank tipe gerendel (latch type) untuk henpis menyudut berkecepatan rendah, dan shank dengan sistem genggam (fricttion-grip but) untuk henpis menyudut berkecepatan tinggi.

Bahan pembuat bur adalah baja, karbida tungsten, atau diberi intan.

Terdapat tiga tipe dasar bur: bur fisur lurus, bur fisur menguncup (pointed-end), bur inverted, dan bur bulat, disertai banyak modifikasi dari bentuk dasar ini. Untuk menggambarkan bentuk bur telah disusun sistem penomoran yang pada awalnya dilansir oleh Pabrik SS White di Amerika Serikat berdasarkan sembilan bentuk bur, yaitu :

round (1-11), wheel (11,5-22), cone (22,5¬33), inverted cone (33,5-44), bud (44,5-51), straight fissure (flat end) (55,25-62), straight fissure (pointed end) (66,5-73), pear(77,5-88), dan oval (88,5-95).

Kini terdapat ukuran bur Amerika Serikat (ANSI / ADA) dan dari ISO (penomoran standar internasional). suatu bur yang berdiameter 0,8 mm akan memperoleh nomor ISO 0,008. berdiameter 1,0 mm menjadi 0,010 ISO dan ukuran ISO biasanya dikombinasikan dengan bentuk bur sehingga bur inverted no, ISO 006 adalah suatu bur inverted dengan diameter 0,6mm dan jika dikaitkan dengan penomoran ANSI / ADA, bur ini adalah nomor 33,5.

 

Gambar

bur gigigeligi

 

More in this category: « Burnisher bukal »