Gutta-Percha

Gutaperca

Definisi

Material yang berasal dari getah pohon karet yang banyak terdapat di Indonesia, Amerika Selatan, dan Malaysia. Dalam kedokteran gigi material ini banyak dipakai terutama sebagai material inti obturasi saluran akar dan juga sebagai material tumpatan sementara. Kualitas gutaperca bergantung pada proses pemurniannya serta bahan campurannya; lentur pada suhu kamar dan menjadi plastis pada suhu 60° Celcius; larut dalam khloroform, ether, dan xylol dan bahan pelarut ini adakalanya dipakai selama proses obturasi maupun waktu mengeluarkan gutaperca dari saluran akar.

gutta-percha cone : basung guta perca, kon gutaperca, material obturasi saluran akar dalam perawatan endodonsia. Diperkenalkan pertama kali oleh Bowman tahun 1867. Kon gutaperca terdiri atas ZnO 60-70%, gutaperca murni 20-25%, logam untuk radioopasitasnya, dan sedikit malam atau resin. Terdapat dua tipe :

  • Tipe I adalah kon (basung) utama, dan
  • Tipe II adalah auxiliary cone atau konvensional.

Sifat Gutta-Percha:

  • Mudah disterilkan dan dimasukkan, serta mudah dikeluarkan bila perlu,
  • Bersifat radioopak,
  • Tidak menyebabkan gigi berubah warna,
  • Sifat iritasi dan toksisitasnya terhadap jaringan periapeks paling ringan dibanding dengan bahan lain.
  • Kon gutaperca tidak cocok untuk saluran akar sempit dan daya simpannya terbatas. Gutaperca lama kelamaan akan menjadi rapuh terutama jika terpajan pada panas, walaupun dapat lebih tahan bila disimpan di lemari es. Rejuvenasi dapat dicapai dengan mencelupkannya sebentar ke dalam air panas (55 derajat C) diikuti pendinginan seketika dalam air dingin.
Untuk memperoleh hermetisitas obturasi yang balk, kon gutaperca dikombinasikan dengan semen saluran akar.

More in this category: « Gy Gutta ; Guttae ;gtt. »