Glove

 

Definisi

Sarung tangan.

Pemakaian sarung tangan dalam perawatan gigi merupakan salah satu ketentuan yang tercakup dalam, kewaspadaan universal (universal precaution). Maksudnya adalah untuk mencegah terjadinya infeksi silang, balk dari operator ke pasien atau sebaliknya. Dikenal beberapa macam sarung tangan misalnya:

 

  • general purpose utility glove : sarung tangan karet yang tebal dan dianjurkan dipakai ketika membersihkan dan mengepak instrumen, mendisfeksi permukaan keras, menangani desinfektans dan bahan kimia yang iritatif, menangani limbah klinik, membersihkan ruangan, dll.
  • latex glove : terdapat dalam tipe steril dan non-steril, dipakai untuk pemenksaan, prosedur operatif rutin, perawatan prostodonsia dan endodonsia, profilaksis, radiografis, dan pekerjaan laboratorium; yang steril dipakai untuk tindakan pembedahan.
  • surgeon sterile glove : biasanya lebih tebal dari sarung tangan lateks dan dipakai ketika melakukan pembedahan yang lama.
  • vinyl glove : tersedia dalam tipe steril dan non-steril, dipakai sebagai pengganti bagi yang alergi terhadap sarung tangan lateks dan untuk menutupi sarung tangan lateks sementara operator menerima telepon atau memeriksa pasien lain untuk kemudian dibuka kembali di saat meneruskan perawatan semula.

 

 

More in this category: « Glukagon Glossoptosis »