Gland

Kelenjar

Definisi

Organ yang mengandung sel khusus yang mensekresi zat yang diperlukan bagi fungsi tertentu sebagai respons terhadap suatu stimulus. Sekresi kelenjar bisa ke luar atau ke dalam tubuh; ada yang melalui saluran kelenjar yang disebut duktus, atau tanpa duktus.

adenoid gland : kelenjar limfe di nasofaring, di dinding posterior tenggorokan.

ductless gland : kelenjar nirduktus, yakni kelenjar yang tidak memiliki saluran keluar, misalnya kelenjar adrenal (suprarenal), suatu kelenjar yang terletak di atas ginjal dan mensekresi adrenalin ke dalam darah, kelenjar hipofisis yang terletak di otak dan mengatur kelenjar nirduktus yang lain, kelenjar tiroid, suatu kelenjar yang terletak di bagian bawah leher di depan trakhea dan dikendalikan oleh kelenjar hipofisis serta mensekresikan hormon tiroksin yang mengandung indium guna metabolisme tubuh.

lymphatic gland : kelenjar limfe, kelenjar yang terkait dengan sistem limfatik, ditemukan di seluruh tubuh.

mammary gland : kelenjar yang mengeluarkan air susu pasca-partus.

mucous gland : kelejar yang mensekresikan mukus, terletak di bawah permukaan membran mukosa.

salivary gland : kelenjar liur, kelenjar yang mensekresikan saliva (liur) ke dalam mulut. Sifat sekresi saliva ditentukan oleh tipe sel sekretorinya, bisa bersifat serus (serous — encer), mukus (mucous— pekat) dan sero-mukus. Kelenjar liur terdiri alas tiga kelenjar liur utama yaitu :

  • kelenjar parotis : jumlahnya sepasang dibawah dan di depan telinga dan mengelilingi batas posterior ramus mandibula; saluran kelenjarnya disebut duktus Stenson, berjalan ke arah depan melintasi otot masseter dan businator dan bermuara di depan molar dua atas; sekresi kelenjarnya bersifat serus, persarafannya disuplai oleh nervus fasialis, dan perdarahannya disuplai oleh cabang arteri karotis eksterna.
  • sublingualis : kelenjar liur utama yang paling kecil, terletak di dasar mulut di dekat permukaan paling dalam mandibula di atas garis milohioid dan dekat dengan garis median. Terdapat sepasang dan duktusnya bermuara di puncak lipatan sublingual membran mukosa di bawah lidah; suplai darahnya diperoleh dari arteri lingualis dan persarafannya dari nervus lingualis; sifat sekresinya mukus. Sifat sekresi kelenjar aksesori ada yang bersifat sero-mukus (kelenjar di mukosa pipi dan bibir), mukus (kelenjar di langit-langit), dan serus atau mukus pada kelenjar liur yang terletak di bibir.
  • submandibularis : terdapat sepasang, besarnya sekitar separuh daripada ukuran kelenjar parotis, terletak di bawah lindungan mandibula di bawah gads milohioid di regio angulus mandibulae. Saluran kelenjarnya disebut duktus Wharton yang berjalan ke depan dan ke atas serta bermuara di dasar mulut di bawah lidah pada papila di puncak lipatan membran mukosa. Sifat sekresinya sero-mukus.
  • serta sekitar 450-750 kelenjar aksesori yang letaknya di mukosa pipi, bibir, lidah, dan langit-langit.

 

sweat gland : kelenjar keringat, kelenjar yang mensekresikan keringat sebagai bagian dari sistem pengendalian suhu tubuh.

 

 

More in this category: « Glandular Giromatic »