Gates Glidden Drill (GGD)

 

Definisi

Instrumen untuk pembersihan dan pembentukan saluran akar dalam perawatan endodonsia.

Menurut Harty (1992) instrumen ini berfungsi untuk melebarkan dua pertiga korona saluran akar sehingga berbentuk corong, mengeluarkan bahan obturasi gutaperca dari saluran akar dalam preparasi pasak serta dalam perawatan ulang, dan memperlebar saluran akar guna mempermudah pengambilan alat yang patah.

Instrumen ini terbuat dari stainless steel atau nikel-titanium, dan bagian-bagiannya adalah :

 

  • shank (gagang, yang masuk ke henpis),  Shank (pegangan) merupakan pegangan gerendel (latch type attachement) sehingga bisa dipasang pada henpis menyudut kecepatan rendah, panjangnya 15 mm dan diberi bertakik yang sekaligus menunjukkan nomor ukuran alat; terdapat dalam enam nomor., nomor 1 setara dengan file nomor 50, nomor 2 dengan file nomor 70, nomor 3 dengan file nomor 90, nomor 4 dengan file nomor 110, nomor 5 dengan file nomor 130, dan nomor 6 dengan file nomor 150.
  • shaft (tangkai),
  • tip. Tip atau kepala atau bilah instrumen merupakan bagian instrumen yang berfungsi memotong, panjangnya 4 mm, berbentuk elips (seperti nyala api), bagian pemotongnya (flute) berbentuk spiral, penampang berbentuk segitiga sehingga sudut pemotongnya adalah 60 derajat dan dengan demikian sudut pemotong cukup tajam dan debris pemotongan mudah dikeluarkan. ujung tip adalah ujung yang aman karena tidak berfungsi memotong.

Melihat namanya, instrumen ini termasuk bur (drill), namun Spangberg mengemukakan bahwa instrumen ini lebih tepat disebut brush karena dengan menamainya bur cenderung menyesatkan pemakaiannya. Termasuk dalam katagori instrumen Spangberg kelas II. Terdapat dalam dua ukuran, 32 mm dan 28 mm.

 

Gates Gliden Drill | Kamus Kedokteran Gigi by GigiGeligi.Com
More in this category: « Gauge Gastrula »