Herpes

Yunani dan Latin : herpes

Definisi

Suatu erupsi kulit yang menyebar. Suatu penyakit infeksi yang ditandai oleh erupsi inflamasi kulit akut akibat infeksi virus herpes. Terlihat kumpulan-kumpulan vesikula. Jika istilahini digunakan sendiri artinya dapat herpes simpleks atau herpes zoster.

  • herpes genitalia : herpes simpleks akibat virus tipe 2, ditransmisikan terutama secara seksual melalui sekresi genital, dan mengenai regio genital laki-laki maupun wanita walaupun simtomnya lebih parah pada wanita. 
  • herpes simplex : suatu kelompok infeksi akut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 atau tipe 2. Infeksi tipe 1 biasanya meliputi lesi nongenital, sementara infeksi tipe 2 lesinya terlihat terutama di daerah genital dan sekitarnya. Faktor yang memperparah biasanya adalah demam, terpajan pada sinar ultraviolet atau suhu yang dingin, terbakar matahari, abrasi mukosa atau kulit, stres emosi, dan cidera saraf. Lepuhannya tidak berkaitan dengan distribusi saraf. Herpes simpleks tipe 1 juga merupakan lesi yang banyak diasosiasikan dengan infeksi HIV. 
  • herpes zoster (shingles) : akut, menular, suatu penyakit yang diduga sebagai pengaktifan virus varisela-zoster pada individu yang dianggap telah imun terhadap cacar air. Lesi ini mengenai ganglia sensoris dan daerah yang diinervasinya, ditandai dengan nyeri parah sepanjang daerah distribusi saraf yang terkena. Jarang ditemukan pada infeksi HIV dan jika ada, menyebabkan nyeri yang sangat parah.
 
More in this category: « Herpesvirus Hermetic »