Impression

Definisi

Cetakan, mould, atau bentuk negatif yang dari bentuk ini dapat direpro­duksi kembali bentuk positifnya dengan pengecoran.

functional impression : cetakan yang selama proses pencetakannya dimodifi­kasi oleh tekanan-tekanan pengunyahan dan aktivitas otot-otot sekelilingnya. Kini disebut muco-displacement impression 

mucos­tatic impression : cetakan yang dibuat dengan me­minimalkan pergerakan jaringan lunak. Dahulu disebut functional impression

impression material : material yang digunakan untuk membuat cetakan. Secara umum oleh William dan Cunningham bahan cetak digolongkan atas bahan cetak non-elastik dan elastik. Termasuk yang non-elastik adalah antara lain Plaster of Paris, Composite, dan ZnO-eugenol, sedangkan untuk golongan elastik antara lain adalah bahan cetak hidro­koloid, bisa reversibel atau ireversibel (alginat), dan elastomer sintetik seperti silikon, polisulfida, dan polieter.

impression tray : sendok cetak. alat dari logam atau plastik untuk membuat cetakan. Untuk mengurangi kemungkinan distorsi, sendok cetak diberi berlubang-lubang sehingga retensi bahan cetak terhadap sendok lebih baik.

anatomi­cal impression tray : sendok cetak anatomik, sendok cetak perorangan, sendok cetak bagi kasus yang tidak bergigi lagi yang bentuknya disesuaikan menurut daerah anatomis yang akan menyangga protesanya kelak.

stock impression tray : sendok cetak standar, baik dari logam maupun plastik.

More in this category: « in-(im-) Implantoclontics »