Mumps

Definisi

Suatu penyakit yang mengenai kelenjar parotis (bisa satu atau kedua­duanya) yang sifatnya menular; bisa juga mengenai kelenjar gonad (testis atau ovarium).

Penyakit ini merupakan penyakit yang biasa terdapat pada anak-anak dan dalam sebagian besar kasus, penderita memperoleh imunitas seumur hidup jika telah melewati serangan penyakit ini. Penyebabnya adalah suatu virus dan penyebarannya dapat melalui batuk, atau napas pasien. Menular mulai 1-2 hari sebelum gejala terlihat sampai 1-2 hari sesudah gejala hilang. Masa inkubasi dari mulai terpajan sampai timbulnya gejala adalah sekitar 2-3 minggu.

Gejalanya berupa demam ringan, sukar menelan, yang awalnya sering diduga sebagai flu, yang kemudian segera disusul oleh pem­bengkakan kelenjar. Daerah tersebut peka dan nyeri dan sukar menelan serta mem­buka mulut. Suhu tubuh bisa meningkat (39- 40oC). Kadang-kadang pembeng­kakan terjadi simultan di kedua sisi, atau kadang-kadang selang seminggu. Pada beberapa kasus, gejalanya sangat ringan sehingga kadang-kadang terabaikan.

Kom­plikasi dilaporkan terjadi pada 25% kasus; pada laki-laki dewasa terjadi orchitis se­dangkan pada perempuan terjadi rasa nyeri di buah dada dan ovarium. Yang paling berbahaya adalah jika terjadi meningitis atau ensefalitis. Pada kasus yang tidak hebat tidak diperlukan terapi yang rumit; jika kasusnya parah mungkin diperlukan isti­rahat total dan dijaga akan kemungkinan timbulnya komplikasi berat. Diet ringan yang mengandung lebih banyak cairan dari biasa­nya diperlukan sampai demamnya reda.

More in this category: « Mutagen Mukus »