Remember me
Tuesday, 11 September 2012 01:15

Dental Implant, the best alternative to replace your missing tooth/teeth...

 

Gigi geligi yang hilang karena rusak semestinya sesegera mungkin diganti dengan gigi tiruan jika posisi gigi tersebut penting di dalam mendukung fungsi dan kesehatan rongga mulut. Dari berbagai metode yang ada saat ini untuk menggantikan gigi yang hilang, yang terbaik adalah implan gigi (dental implant).

Mengapa implan gigi merupakan pilihan terbaik? Jawaban sederhana untuk pertanyaan tersebut adalah karena dari berbagai jenis gigi tiruan yang ada saat ini, implan gigi adalah jenis yang bentuk dan fungsinya paling mendekati/serupa dengan gigi asli. Gigi asli secara garis besar terdiri dari bagian mahkota (yang terlihat di rongga mulut) dan bagian akar (tertanam di tulang rahang, tidak terlihat di dalam rongga mulut). Pada saat ini, hanya implan gigi-lah jenis gigi tiruan yang memiliki bagian akar dan mahkota (gigi tiruan jenis lain hanya terdiri dari mahkota saja, tidak ada bagian akar yang tertanam di tulang rahang).

 

Perbedaan prinsipil implan gigi dengan gigi tiruan lainnya tersebut memberikan keunggulan yang mutlak pada implan gigi dibandingkan jenis gigi tiruan lain.

Pada saat gigi terlepas dari tulang rahang, tulang tersebut mengalami proses penciutan karena tidak lagi berfungsi memegang akar gigi (ini selaras dengan hukum alam; apapun yang tidak dipakai/berfungsi, lambat laun akan mengecil dan akhirnya menghilang). Proses penciutan tulang rahang ini kemudian akan menimbulkan masalah fungsi dan estetika (keindahan). Misalnya pada gigi tiruan lepasan yang biasanya "berpegangan" pada tulang rahang yang sudah tidak bergigi; jika terjadi penciutan gradual pada tulang yang menjadi pegangannya, maka secara periodik gigi tiruan tersebut perlu dibuat ulang karena kendur... sampai nanti akhirnya gigi tiruan tersebut tidak lagi dapat dibuat karena tulang yang dijadikan pegangan sudah sangat minim... Jika gigi yang hilang digantikan dengan implan gigi, proses penciutan tulang tidak terjadi dikarenakan tulang rahang tersebut akan memiliki "pekerjaan" baru memegang implan...

 

Selain fungsi preservasi tulang rahang, implan gigi unggul dikarenakan kenyamanannya (rasanya seperti gigi asli), fungsi yang optimal, dan tidak adanya keperluan merusak gigi di sekitar daerah yang tidak bergigi untuk pegangan gigi tiruan - hal ini dikarenakan implan gigi memiliki "penjangkaran" yang mantap pada tulang rahang ... Pada saat ini, implan gigi sudah menjadi perawatan rutin di seluruh dunia untuk menggantikan gigi yang hilang dengan keberhasilan yang amat baik. Jadi jika anda menemui pasien dengan kehilangan satu atau lebih gigi di dalam mulut, tawarkan implan gigi sebagai pilihan pertama yang terbaik bagi pasien anda ...

 

Read 1581 times Last modified on Saturday, 03 September 2016 07:32

Kabar GGC

Dapatkan info terkini dalam kedokteran gigi, termasuk jadwal seminar

captcha 

Group Kedokteran Gigi

View all groups

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

[email protected]
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
   This seal is issued to gigigeligi.com by StopTheHacker Inc.
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367