Print this page

Palate

palatum ; langit-langit

Definisi

Atap rongga mulut yang memisahkan rongga mulut dengan rongga hidung; terdiri atas palatum keras (palatum durum) dan palatum lunak (palatum molle).

cleft palate / celah langit-langit : terdapatnya celah di palatum akibat tidak sempurnanya fusi selama perkembangan dan pertumbuhan palatum ; biasanya terjadi di palatum molle saja atau bisa pada keduanya dan meliputi celah bibir; celah ini biasanya membuka ke arah rongga hidung, meluas ke premaksilla dan disini bisa berdeviasi ke kiri atau ke kanan mengikuti garis fusinya; mnimbulkan masalah dalam makan dan berbicara. Disebut juga palatoschisis, palatum fissum atau uranoshism.

hard palate / palatum durum : palatum keras, dibentuk selama masa pertumbuhan oleh prosesus maksilaris dan tulang palatina yang bersatu di garis median dan ditutupi oleh membran mukosa; mukosanya istimewa keras dan memiliki rugae.

soft palate / palatum molle : palatum lunak, jaringan yang aktif yang membentang dari batas posterior palatum durum ke arah bawah dan belakang; terdiri atas lipatan-lipatan membran mukosa yang menutupi otot, struktur kelenjar, pembuluh darah, dan saraf. Selama penelanan, palatum molle ini naik untuk membantu menutup bagian hidung dari faring. Pada bagian posterior terdapat uvula.