Print this page
Wednesday, 12 September 2012 23:47

Hati-hati dengan Minuman yang Anda minum

Rate this item
(0 votes)

Minuman yang menjadi musuh gigi

Peneliti dari Australia membandingkan susu sapi dengan susu kedelai dan diukur kadar keasaman yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus mutans. Peneliti menemukan bahwa susu kedelai mengandung kadar asam yang lebih tinggi daripada susu sapi. Meskipun susu kedelai menyehatkan, ternyata para peneliti membuktikan sebaliknya. Bakteri S.mutans membuat gigi berlubang, karena bakteri tersebut mengkonsumsi karbohidrat dan memproduksi asam yang berbahaya. Asam adalah salah satu musuh terbesar gigi dan enamel gigi. Secara lambat, asam mengerosi enamel gigi dan meninggalkan struktur gigi terbuka, tanpa perlindungan.

Ketika enamel gigi melemah, gigi menjadi sensitif dan kondisi ini tidak dapat disembuhkan selain dengan perawatan estetik, seperti veneers (yang akan melindungi gigi dan pasien tidak akan sensitif terhadap panas/dingin/manis). Saat struktur gigi terbuka, maka gigi menjadi lebih mudah untuk berlubang. 

Susu sapi kaya akan kalsium, hal inilah yang melawan asam yang diproduksi oleh bakteri. Gula yang terdapat pada susu sapi adalah laktosa, dimana gula ini memproduksi sedikit asam. Di sisi lain, susu kedelai menggunakan pemanis buatan, seperti sukrosa dan glukosa, yang mudah seskali untuk dikonsumsi oleh bakteri yang kemudian akan menghasilkan asam dalam jumlah tinggi. Menurut peneliti dari Southern Illinois University, "sport drinks" dan "energy drinks" juga merupakan minuman yang membahayakan gigi. Yang menjadi masalah adalah minuman-minuman tersebut sangat populer di kalangan anak muda dan para peneliti ingin mengingatkan bahwa minuman-minuman tersebut memiliki kadar asam yang sangat tinggi. Beberapa minuman penyegar yang mereka periksa di laboratorium, bahwakan memiliki kadar asam yang lebih tinggi daripada cuka tradisional. Sekali lagi, asam pada minuman ini menyerang enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Minuman-minuman tersebut ternyata tidak memiliki kandungan fluoride sama sekali untuk melindungi gigi. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih minuman

 

Sumber :

1. Dr. Jeff S. Coombes, PhD. American Journal of Dentistry vol. 18 no.2, April, 2005.

2. www.sportdietitians.com.au . June 2010.

Read 2861 times Last modified on Monday, 15 January 2018 08:24

Latest from Shiril Paskalis .drg