Print this page
Tuesday, 11 September 2012 01:00

Pentingnya Kesehatan Mulut Selama Kehamilan

Rate this item
(0 votes)

Pentingnya Kesehatan Mulut Selama Kehamilan

 

TEMPO InteraktifJakarta -Bukan rahasia bahwa kehamilan adalah saat yang penting dalam hidup seorang wanita. Sementara perempuan sering mendengar tentang bagaimana kehamilan menyebabkan perubahan fisik yang mempengaruhi hormon atau tingkat nafsu makan mereka. Perubahan ini dapat memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan mulut mereka



Terlepas dari kenyataan bahwa kesehatan mulut yang baik sangat penting bagi kesehatan keseluruhan ibu dan anak, hanya 22 sampai 34 persen perempuan di Amerika Serikat mengunjungi dokter gigi selama kehamilan. Bahkan, perawatan gigi selama kehamilan tidak hanya aman dan efektif, tapi juga sangat penting untuk memerangi dampak dari penyakit mulut. Demikian menurut sebuah artikel yang diterbitkan jurnal General Dentistry edisi Mei-Juni 2010. Dokter gigi memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mulut ibu hamil dengan merawat gigi.

"Perubahan hormonal selama kehamilan dapat mengakibatkan beberapa perubahan pada mulut," kata Homa Amini, DDS, penulis artikel di jurnal tersebut. "Sejumlah laporan menunjukkan bahwa penyakit mulut yang paling umum adalah radang gusi, yang dilaporkan terjadi 30 sampai 100 persen selama kehamilan."

Radang gusi, penumpukan plak yang menyebabkan radang gusi, harus ditangani dengan pembersih yang baik dan menyikat gigi dengan benar. Jika tidak diobati, radang gusi dapat mengakibatkan periodontitis, bentuk yang lebih serius dari penyakit gusi. "Pasien cenderung untuk menunda mengobati penyakit mulut karena kekhawaritan mengenai keselamatan janin, namun perawatan gigi rutin dapat dilakukan dengan aman setiap saat selama kehamilan," kata Dr Amini. Terlebih lagi, penyakit gigi yang tidak diobati dapat mengakibatkan rasa sakit dan infeksi yang dapat merugikan janin yang sedang berkembang. Buruknya kesehatan mulut juga bisa mempengaruhi asupan gizi ibu hamil, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup janin.

 

author : Ngarto Februana / Medical News Today

dikutip dari Tempo interaktif, gaya hidup

Read 3672 times Last modified on Monday, 15 January 2018 08:56

Latest from Stefanus Fani .drg