Acid

Asam ; asid : Latin acidum dan acidus = tajam, berasa asam

Definisi

Setiap bahan yang mempunyai rasa asam, bersifat korosif, dan mampu menetralkan basa dengan membentuk garam. Kertas lakmus biru akan diubahnya menjadi merah. 

arachidonic acid : asam arakhidonat, lipid pada membran sel yang merupakan prekursor prostaglandin, leukothen, dan tromboksan. 

acid bath : larutan asam yang terdiri dari hydrochloric acid dan sulphuric acid 50% yang digunakan dalam pembersihan tuangan logam (proses pickling). 

acid etch : etsa asam, suatu perlakuan pada struktur gigi dengan larutan etsa guna memperoleh permukaan yang bersih dan retentif bagi aplikasi sealant material restorasi, atau braket ortodonsia. 

acid phosphatase : fosfatase asam, suatu enzim dari golongan hidrolase yang aktivitas optimalnya berada pada pH di bawah 7. Enzim ini ditemukan di hati, limpa, dan sumsum tulang mamalia, pada plasma dan terutama pada prostat. Determinasi serum fosfatase asam merupakan tes diagnosis yang penting. Enzim ini meningkat pada kanker prostat yang telah bermetastase. Peningkatan yang moderat terlihat pada penyakit Paget, hipertiroid, dan kanker tulang. Disingkat ACR 

amino acid : asam amino, no, setiap senyawa organik yang mengandung gugus amino dan gugus karboksil.

More in this category: « Acidalbumin Ache »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---