Stomatitis

Definisi

Inflamasi jaringan lunak mulut.

angular stomatitis : perleche.

aphtous stomatitis : stomatitis aftosa, penyakit yang etiologinya tidak diketahui yang ditandai oleh pembentukan luka yang nyeri baik tunggal atau multipel.

bismuth stomatitis : stomatitis akibat keracunan bismuth dengan tanda garis biru-hitam tipis di margin gingiva (bismuth line), pigmentasi mukosa bukal, rasa sakit di lidah, rasa logam, dan rasa terbakar pada mulut.  

contact stomatitis : suatu keadaan alergi dari mukosa rongga mulut akibat berkontak dengan benda atau zat yang sensitif untuk pasien bersangkutan. Termasuk dalam zat atau bahan itu misalnya kosmetika, pasta gigi, obat kumur, material dental, atau obat yang diaplikasikan secara topikal. Gejala utamanya biasanya berupa inflamasi dan edema dan mukosa disertai rasa terbakar dan adakalanya rasa gatal. Disebut juga stomatitis venenata.

denture stomatitis : inflamasi mukosa rongga mulut pasien dengan protesa baru atau protesa yang kurang baik. Ditandai oleh kemerahan, pembengkakan,nyeri pada mukosa ketika berkontak.

gonococcal stomatitis : stomatitis pada penyakit gonore yang ditularkan melalui kontak urogenital. Tandanya erupsi linier atau rata disertai dengan kemerahan, gatal-gatal, dan rasa terbakar pada mukosa.

mercurial stomatitis : stomatitis akibat keracunan merkuri. Gejalanya antara lain lesi nekrotik dan ulseratif, diskolorasi gingiva menyerupai lead lines, nyeri pada gingiva, rasa logam, mulut berbau, dan nekrosis prosesus alveolaris.

More in this category: « stomat(o)- Stomach »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---