Immunoglobulin

imunoglobulin, anti­bodi

Definisi

Molekul dengan fungsi ganda :

  1. Mengikat antigen
  2. Ber­interaksi dengan jaringan inang dan sistem efektor untuk mempermudah pembuangan antigen. Terdapat berbagai kelas dan subkelas antibodi yang berinteraksi dengan berbagai sel.

IgA :  terdapat sebagai mono­mer, dimer, dan polimer. Pada manusia terutama terdapat dalam bentuk monomer, pada spesies lain sebagai dimer. IgA adalah imunoglobulin yang paling banyak terdapat pada sekresi dan melindungi membran mukosa. Juga ditemukan pada kolostrum dan terutama penting dalam melindungi neonatus yang tidak memperoleh transfer IgG dari plasenta. Juga terdapat dalam sa­liva, air mata, sekret bronkus, vagina, danprostat.

IgD : merupakan imunoglobulin diserum tetapi bertindak sebagai reseptor sel permukaan pada banyak sel B yang diekspresikan bersama-sama denga IgM. IgD terlihat pada sel B yang sedang ber­diferensiasi setelah sel itu diaktifkan, tetapi tidak terlihat pada sel pembentuk antibodi yang sudah matang.

IgE : berikatan pada reseptor Fc sel mast dan basofil dengan afinitas tinggi, dan disitu mensensitisasi sel-­sel tersebut untuk melepas mediator farma­kologi setelah kontak dengan antigen. IgE sangat penting dalam melindungi tubuh dari infeksi cacing, tetapi juga memediasi reaksi hipersensitivitas tipe I, seperti asma.

IgG : merupakan imunoglobulin serum yang utama dan merupakan antibodi utama dalam respons imun sekunder terhadap sebagian besar antigen. Pada manusia imunoglobulin ini dapat ditransfer melalui plasenta sehingga dapat melindungi kehidupan neonatus. Semua subkelas IgG, kecuali IgG4 dapat berikatan dengan C1q untuk mengaktifkan jalur klasik komplemen. IgG dapat bertindak sebagai opsonin pada netrofil dan makrofag. IgG juga dapat mensensitisasi sel target untuk dihancurkan oleh sel K.

IgM : merupakan antibodi pentamer. Meru­pakan kelas imunoglobulin pertama yang diproduksi selama perkembangan sistem imun dan dalam respons imun primer. lgM memfiksasi komplemen dengan cara yang sangat efisien dan merupakan antilbodi utama dari respons terhadapT-independent antigen.

secretory immunoglobulin A / sIgA : imuno­globulin yang paling banyak terdapat dalam sekresi (sekresi mukosa oral, nasal, bronkhus, urogenitalia, dan intestinum, dan pada air mata, saliva, dan susu). Suatu molekul dimer yang mengandung rantai J dan komponen sekretori (SC).

More in this category: « Impaction Imunogenisitas »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367