Salivary

Definisi

Berkaitan dengan saliva, kelenjar yang memproduksi saliva dan saluran-saluran (duktus)nya. 

salivary calculus : kalkulus yang terdapat dalam saluran dan kelenjar ludah. 

salivary duct : saluran yang mengantarkan ludah dari kelenjar ludah ke dalam mulut. Terdiri atas tiga bagian: 1) bagian yang menghubungkan kelenjar ke bagian yang bergaris-garis; 2) bagian yang bergaris-garis yang dapat memodifikasi saliva, dan 3) saluran yang membawa saliva yang sudah dimodifikasi ke rongga mulut. 

salivary fistula : saluran abnormal yang mengalirkan saliva dan kelenjar ludah atau salurannya ke dalam mulut atau kulit muka. 

salivary gland : kelenjar saliva, kelenjar liur, kelenjar yang menghasilkan saliva. Terdapat tiga kelenjar utama yakni kelenjar parotis, Sublingualis, dan Submandibularis beserta ratusan kelenjar ludah kecil yang terletak tersebar di palatum, lidah, bibir, dan pipi. Kelenjar parotis merupalkan kelenjar saliva terbesar, berjumlah sepasang terletak di bawah dan di depan telinga sekitar batas posterior mandibula. Saluran keluarnya adalah duktus Stensen yang melewati otot masseter dan buccinator serta bermuara di atas molar dua atas. Sekresinya bersifat serosa. Kelenjar sublingualis merupakan kelenjar saliva terkecil, sepasang, dan terletak di dasar lidah. Sekresinya bersifat mukus. Kelenjar submandibularis, juga beriumlah sepasang, besarnya separuh kelenjar parotis, terletak di bawah mandibula, dan saluran keluarnya, duktus Wharton, bermuara di dasar mulut. Sekresinya seromukus.

More in this category: « Salivate Salivix »