Print this page
Monday, 25 August 2014 00:00

Merawat Senyum Anak

Rate this item
(0 votes)

Senyum yang indah adalah hasil dari keadaan gigi dan mulut yang sehat. Peneliti mengatakan bahwa anak dibawah umur 7 tahun harus dimonitor dengan baik oleh orang tuanya agar anak tersebut terjaga kebersihan mulutnya dan mendapatkan perawatan yang tepat oleh dokter gigi.

Dokter gigi menyarankan agar pasta gigi untuk anak di bawah umur 3 tahun harus mengandung 1.000 ppm fluoride, sedangkan untuk anak di atas umur 3 tahun sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride 1.500 ppm

Untuk tetap menjaga kesehatan gigi anak dengan baik, maka sebaiknya anak-anak juga mengurangi asupan makanan dan minuman dengan konsentrasi gula yang tinggi. Gula adalah musuh utama gigi dan seringkali membuat gigi mudah berlubang, bahkan mungkin terjadi komplikasi lainnya.

Penelitian akhir-akhir ini menemukan bahwa minuman rasa buah yang tersedia di supermarket, memiliki kandungan asam yang sama dengan cuka. Asam dapat menyerang  enamel gigi dan dapat menghancurkan struktur gigi dengan sangat cepat.

Maka, hindarilah pemberian makanan dan minuman yang manis, dan fokuskan pada pemberian makanan ringan yang menyehatkan, yang mengandung pH netral. Beberapa contoh makanan ringan yang mengandung pH netral adalah roti kering, keju, kacang-kacangan atau biji-bijian lainnya, bila memungkinkan, tawarkan anak-anak untuk minum jus buah-buahan atau sayur-sayuran buatan sendiri. Dan yang paling penting adalah bawalah anak-anak ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan agar dapat menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

 

Meskipun kebanyakan masyarakat tidak mempedulikan gigi susu karena gigi susu akan tanggal, sebaliknya sebagai dokter gigi, kita harus lebih waspada dengan gigi susu, karena gigi susu pada dasarnya menempati tempat yang akan ditumbuhi oleh gigi permanen. Jika gigi susu sudah berjejal, maka kemungkinan besar gigi permanen akan berjejal atau tidak sehat juga. Maka marilah kita menjaga kesehatan gigi sedini mungkin.

Read 2453 times Last modified on Monday, 15 January 2018 09:00

Latest from Shiril Paskalis .drg