Hardness

Definisi

  1. Kualitas kekokohan suatu zat yang dihasilkan oleh daya kohesi dari partikel-partikel zat tersebut yang dibuktikan oleh ketahanannya terhadap penetrasi, abrasi, pemotongan, atau mudah tidaknya zat tersebut dibentuk. Hardness  bisa menunjukkan kekuatan, kekakuan, kerapuhan, resiliensi, atau toughness, atau kombinasi dari kualitas-kualitas itu, bergantung pada materialnya.
  2. Kualitas air yang dihasilkan oleh garam kalsium atau magnesium yang larut atau zat lain yang membentuk suatu dadih yang tidak larut dengan sabun dan dengan demikian mengganggu kualitas kekuatan pembersihannya.
  3. Kekuatan penetrasi sinar X bergantung pada panjang gelombangnya; makin pendek panjang gelombangnya,makin keras sinarnya dan makin kuat daya penetrasinya.
  4. Derajat refraksi gas residu dalam suatu tabung gelas; makin tinggivakumnya, makin pendek panjang gelombang sinar X yang dihasilkannya.
  • Brinel hardness number : lihat BHN. 
  • Brinell hardness scale : skala yang digunakan untuk menetukan kekerasan relatif suatu material yang dihitung dari diameter daerah yang teridentasi pada permukaan material yang diuji tersebut oleh alat uji Brinnel (bola baja).
  • Knoop hardness number : lihat KHN
  • Knoop hardness scale : suatu skala yang digunakan untuk menetukan kekerasan relatif suatu material.
  • Mohs hardness number : lihat MHN
  • Vickers hardness number : lihat VHN
More in this category: « Harelip Haploid »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---