Kedokteran Gigi Masyarakat

Wednesday, 12 September 2012 23:47

Hati-hati dengan Minuman yang Anda minum

Written by

Minuman yang menjadi musuh gigi

Peneliti dari Australia membandingkan susu sapi dengan susu kedelai dan diukur kadar keasaman yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus mutans. Peneliti menemukan bahwa susu kedelai mengandung kadar asam yang lebih tinggi daripada susu sapi. Meskipun susu kedelai menyehatkan, ternyata para peneliti membuktikan sebaliknya. Bakteri S.mutans membuat gigi berlubang, karena bakteri tersebut mengkonsumsi karbohidrat dan memproduksi asam yang berbahaya. Asam adalah salah satu musuh terbesar gigi dan enamel gigi. Secara lambat, asam mengerosi enamel gigi dan meninggalkan struktur gigi terbuka, tanpa perlindungan.

Gosok Gigi Saat Bangun Tidur Lebih Baik daripada Usai Sarapan

 

Jakarta, Kebiasaan menggosok gigi lebih tepat dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.  Sedangkan usai sarapan justru tidak disarankan untuk menyikat gigi langsung karena mulut dalam kondisi asam sehingga email mudah terkikis.

Kesadaran Masyarakat terhadap Kesehatan Gigi Masih Kurang

 

LAMONGAN, SELASA — Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan gigi dinilai masih kurang. Pada Seminar dan Table Clinic Kegawatdaruratan pada Bidang Kedokteran Gigi di Auditorium Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Selasa (6/1), Peter Agus, dari Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya, menyampaikan kegawatdaruratan medik di bidang kedokteran gigi bisa terjadi pada praktik sehari-hari, di antaranya gangguan pembekuan darah dan penderita tidak sadar.