Monday, 02 October 2017 12:49

28 Tahun PSMKGI Untuk Negeri

Rate this item
(1 Vote)
PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia) adalah organisasi nasional yang beranggotakan mahasiswa – mahasiswi kedokteran gigi dari berbagai institusi di seluruh Indonesia. Di bulan Oktober 2017 ini, tak terasa PSMKGI telah menginjak usia 28 tahun. Tema yang diangkat untuk Dies Natalis tahun ini adalah “28 Tahun PSMKGI Untuk Negeri”. Untuk acara Dies Natalis tahun ini, rencananya setiap institusi anggota PSMKGI akan merayakan dengan membuat bakti sosial, penyuluhan, kampanye sosial, acara rekreasi, atau perayaan seremonial di kotanya masing – masing. Wah, sepertinya bakal seru nih!

Nah, selama 28 tahun ini, apa saja sih yang telah dilakukan oleh PSMKGI? Apakah PSMKGI sudah berkontribusi bagi negara tercinta kita Indonesia? Dalam kesempatan ini, kami mewawancarai Sekretaris Jenderal PSMKGI 2016/2018, Hendrik Redhian dari FKG Universitas Sriwijaya.
Menurut Kakak, apa saja peran PSMKGI bagi mahasiswa/i kedokteran gigi di Indonesia?

PSMKGI adalah satu satunya organisasi mahasiswa yang menaungi seluruh mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia. Peran pentingnya adalah sebagai ujung tombak pergerakan, dalam hal ini lingkupnya melalui akademik, sosial dan kebijakan.

PSMKGI menaungi/ mengakomodir seluruh mahasiswa kedokeran gigi Indonesia melalui Senat masing - masing institusi yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa (HIMA), sehingga kebijakan atau program PSMKGI disalurkan melalui organisasi yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa kedokteran gigi di masing - masing institusi. Kebermanfaatan PSMKGI dalam hal ini tentu sangat dipengaruhi keaktifan tiap perwakilan pengurus dan senatnya dalam menyalurkan program PSMKGI. Manfaat lain secara tidak langsung bahwasanya mahasiswa kedokteran gigi mempunyai wadah besar sabagai pemersatu sehingga muncul rasa kebersamaan dan persatuan.

Apakah PSMKGI telah menjalankan fungsinya untuk memfasilitasi kontribusi mahasiswa/i FKG di Indonesia bagi masyarakat dan negara? Bagaimanakah contoh kontribusi tersebut?

 

Tentu sudah, dalam berbagai bidang PSMKGI telah mewujudkan kontribusi mahasiswa kedokteran gigi Indonesia untuk negeri tercinta. Dalam lingkup akademik, PSMKGI meningkatkan upaya dalam mendukung berjalannya pendidikan kedokteran gigi melalui kegiatan ilmiah, lomba ilmiah, serta mahasiwa profesi dengan menaungi ujian kompetensi.

Di bidang pengabdian yang dapat langsung dirasakan masyarakat negeri seperti penggalangan dana bantuan, bakti sosial nasional, desa binaan serta berbagai kegiatan preventif seperti kampanye dan penyuluhan.

Kemudian dalam kebijakan, PSMKGI selalu mengawal kebijakan –kebijakan pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan kedokteran gigi serta kesehatan secara umum.


Apa saja harapan Kakak bagi PSMKGI untuk ke depannya?


Harapan untuk PSMKGI di usia 28 tahun ini, tentunya agar PSMKGI makin dapat dirasakan, muncul rasa kepemilikan dan kecintaan pada pengurus dan anggotanya, sehingga dapat selalu memberikan kontribusi terbaik untuk negeri... Semoga PSMKGI dapat menjalankan fungsi sebagai ujung tombak pergerakan mahsiswa kedokteran gigi dalam segala bidang.
Hendrik Redhian, Sekretaris Jenderal PSMKGI 2016/2018
Hendrik Redhian, Sekretaris Jenderal PSMKGI 2016/2018
Rapat Kerja Nasional PSMKGI (UNMAS Bali), Perancangan program kerja 1 periode
Rapat Kerja Nasional PSMKGI (UNMAS Bali), Perancangan program kerja 1 periode
Bakti Sosial Nasional PSMKGI di Banjarmasin
Bakti Sosial Nasional PSMKGI di Banjarmasin
Demikianlah kesan, pesan, dan harapan Sekjen PSMKGI tentang organisasi mahasiswa kedokteran gigi nasional ini. Walaupun sudah banyak yang dilakukan oleh PSMKGI selama 28 tahun ini, rupanya masih banyak pula aspek yang perlu dibenahi. Semoga PSMKGI, sebagai wadah mahasiswa – mahasiswi kedokteran gigi di Indonesia, semakin banyak berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara! Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! VIVA PSMKGI!


Penulis : Stefani Kartika Putri (FKG Universitas Kristen Maranatha)
Read 629 times Last modified on Monday, 15 January 2018 08:38