Remember me

    Periodonsia

    Tuesday, 11 September 2012 17:33

    Seberapa seringkah Anda mengganti sikat gigi?

    Written by

    Berdasarkan penelitian dari University of Gottingen Jerman, sebagian besar masyarakat Jerman mengganti sikat gigi mereka 6 bulan sekali, dimana rentang waktu ini terlalu lama.

    Pertanyaan di atas, sebenarnya pertanyaan mudah, karena Anda pasti mengetahui kalau sikat gigi perlu diganti beberapa bulan sekali. Namun, apakah Anda cukup sering menggantinya?

     

    Melalui gingivoplasty, dokter gigi akan membentuk ulang gusi melalui pembedahan. Umumnya, prosedur ini dilakukan oleh periodontist. Gingivoplasty seringkali dilakukan bersamaan dengan gingivectomy, dimana terjadi pembuangan jaringan gusi yang lembek. Prosedur ini dilakukan pada pasien yang mengalami penyakit gusi yang parah, seperti periodontitis. Dengan dilakukannya gingivoplasty, dokter gigi akan menyingkirkan jaringan gusi yang berlebihan. Seringkali, pasien dengan jaringan gusi yang berlebihan mengalami kesulitan berbicara dan makan dengan baik. Selain itu, jaringan gusi yang berlebihan juga terlihat kurang baik (tidak estetik). Bila jaringan gusi berlebihan, biasanya akan terdapat pocket antara gigi dan gusi. Kemudian, partikel-partikel makanan akan mudah sekali terjebak di dalam pocket dan pasien pada akhirnya menderita infeksi dari bakteri yag terdapat di dalam gusi. 

    Sebelum dilakukan gingivoplasty, sebaiknya didahului dengan scaling untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Dalam melakukan gingivectomy / gingivoplasty, pasien akan dianastesi terlebih dahulu, lalu gusi akan dibentuk ulang dengan alat yang disebut scalpel. Pada prosedur yang lebih canggih, proses ini dilakukan dengan meggunakan laser atau intrumen electrosurgical lainya. Setelah pembentukan gusi selesai, gusi akan ditutup dengan gingival pack dan pasien sebaiknya makan makanan yang lunak terlebih dahulu selama 10-14 hari setelah pembedahan, agar menghindari infeksi.

    Setelah gingivoplasty, jaringan gusi menjadi sangat rentan, dapat terasa nyeri, dan terkadang pasien tidak dapat menjaga kebersihan mulutnya, bahkan dengan menggunakan sikat gigi atau pasta gigi. Jadi, sebaiknya sarankan pasien untuk berkumur dengan air setiap sesudah makan dan menggunakan obat kumur antibakteri saja daripada menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang akan membuatnya nyeri. Infeksi gusi harus dihindari dengan berbagai cara dan pada pasein yang telah melakukan gingivoplasty, perlu diingatkan bahwa periode penyembuhan adalah sekitar 3 sampai 4 bulan.

     

    Tuesday, 11 September 2012 01:00

    Pentingnya Kesehatan Mulut Selama Kehamilan

    Written by

    Pentingnya Kesehatan Mulut Selama Kehamilan

     

    TEMPO InteraktifJakarta -Bukan rahasia bahwa kehamilan adalah saat yang penting dalam hidup seorang wanita. Sementara perempuan sering mendengar tentang bagaimana kehamilan menyebabkan perubahan fisik yang mempengaruhi hormon atau tingkat nafsu makan mereka. Perubahan ini dapat memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan mulut mereka

    Kabar GGC

    Dapatkan info terkini dalam kedokteran gigi, termasuk jadwal seminar

    captcha 

    Group Kedokteran Gigi

    View all groups

    Hubungi GigiGeligi

    0878.7118.9191

    Customer.Care@GigiGeligi.Com
    Bumi Serpong Damai, Tangerang
     
       This seal is issued to gigigeligi.com by StopTheHacker Inc.
     
    Our Partner
    Dentsoftware, India
    +91 77 367 67 367
    © 2015 PT Tri Carya Karsana. All Rights Reserved. GigiGeligi.Com