Tuesday, 11 September 2012 17:33

Seberapa seringkah Anda mengganti sikat gigi?

Rate this item
(0 votes)

Berdasarkan penelitian dari University of Gottingen Jerman, sebagian besar masyarakat Jerman mengganti sikat gigi mereka 6 bulan sekali, dimana rentang waktu ini terlalu lama.

Pertanyaan di atas, sebenarnya pertanyaan mudah, karena Anda pasti mengetahui kalau sikat gigi perlu diganti beberapa bulan sekali. Namun, apakah Anda cukup sering menggantinya?

 

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa orang-orang yang mengganti sikat giginya 5-6 bulan sekali, dapat menimbulkan gingivitis, yang kemudian dapat menimbulkan komplikasi kesehatan.

Peneliti dari Jerman tersebut membentuk 2 kelompok penelitian. Kelompok pertama, diberikan sikat gigi yang baru dan diminta untuk menggunakannya selama 6 bulan berturut-turut. Kelompok kedua, diberikan sikat gigi baru setiap bulannya. Setelah tes selama 6 bulan, peneliti mencatat bahwa pembengkakan gusi terjadi pada kelompok pertama, yang menggunakan sikat gigi yang sama selama 6 bulan berturut-turut.Pada kelompok kedua, terlihat bahwa kesehatan gigi dan mulut mereka lebih terkontrol, bahkan tidak terdapat akumulasi plak.

Jadi, sangatlah penting untuk mengganti sikat gigi dengan jangka waktu yang cukup pendek, sebagai investasi kesehatan, agar terhindar dari gingivitis, yang dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti periodontitis, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi. American Dental Association (ADA) menyarankan untuk mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali (4 kali dalam setahun).

 

Referensi :

1. http://www.ada.org/1887.aspx

2. JADA vol.138, September 2007

Read 2056 times Last modified on Monday, 15 January 2018 08:36