Remember me
    Sunday, 09 December 2012 11:57

    Cara Membersihkan Gigi Tiruan Lepasan (saran dari para peneliti di Brazil)

    Rate this item
    (0 votes)

    Banyak sekali pasien yang menggunakan gigi tiruan lepasan, baik sebagian maupun gigi tiruan penuh. Namun sedikit sekali yang menyadari bahwa kebersihan gigi tiruan itu sangat penting agar terhindar dari infeksi mulut dan penyakit mulut lainnya. Gigi tiruan perlu dibersihkan secara rutin seperti layaknya membersihkan gigi asli kita. Jadi, gigi tiruan perlu dibersihkan dengan cara disikat, di”flossing”, dan menggunakan obat kumur antibakteri.

     

    Umumnya, gigi tiruan dilapisi oleh biofilm dari bakteri, yang harus dibersihkan secara rutin, agar mempertahankan kesehatan mulut. Beberapa bakteri yang terdapat di dalam biofilm tersebut diantaranya adalah MRSA (Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus), yaitu bakteri yang mampu masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan infesi paru-paru dan komplikasi penyakit lainnya.

    Beberapa peneliti dari Araraquara Dental School dari Universitade Estadual Pasulista di Sao Paolo, Brazil,  telah membuktikan metode berikut ini sangat efisien dalam membunuh bakteri yang berada di permukaan gigi tiruan. Berikut saran dari mereka: 

    • Bersihkan gigi tiruan di dalam oven microwave.  Peneliti menyatakan bahwa dengan menaruh gigi tiruan di dalam microwave oven selama 3 menit pada kekuatan 650 watt, akan menghilangkan bakteri secara tuntas.
    •  Bilas gigi tiruan dengan larutan 2% chlorhexidine gluconateMenurut peneliti, larutan ini juga mampu menghilangkan bakteri secara tuntas.

     

    Referensi : worldDental/denture cleaning.

    Read 1995 times Last modified on Friday, 25 September 2015 22:55

    Kabar GGC

    Dapatkan info terkini dalam kedokteran gigi, termasuk jadwal seminar

    captcha 

    Group Kedokteran Gigi

    View all groups

    Hubungi GigiGeligi

    0878.7118.9191

    Customer.Care@GigiGeligi.Com
    Bumi Serpong Damai, Tangerang
     
       This seal is issued to gigigeligi.com by StopTheHacker Inc.
     
    Our Partner
    Dentsoftware, India
    +91 77 367 67 367
    © 2015 PT Tri Carya Karsana. All Rights Reserved. GigiGeligi.Com