Rubber Dam

isolator karet

Definisi

Perangkat untuk mengisolasi daerah kerja dari bagian mulut lain. Diharapkan gigi yang dikerja­kan tetap kering, tidak terkontaminasi saliva atau mikroorganisme, dan mencegah terisap atau tertelannya alat, debris, atau obat-obatan.

Terdiri atas :

  1. lembaran karet tipis : Karet dilubangi dan dikaitkan pada gigi atau beberapa gigi.
  2. alat pembolong karet
  3. cunam
  4. bingkai : Bingkai akan menjaga lembaran karet tersebut tetap terbentang.
  5. cengkeram.  

Rubber Dam Clamp : cengkerarn untuk memegang daerah serviks gigi sehingga merupakan retensi bagi isolator karet dan pada beberapa kasus bagi gulungan kapas. Tersedia dalam berbagai ukuran, yakni untuk molar, premo­lar dan insisif.

Rubber Dam Forceps : cunam isolator, instrumen dengan alat pengunci otomatis dan digunakan untuk memasang dan membuka cengkeram.

Rubber Dam Frame : bingkai, bingkai fleksibel yang digunakan untuk memegang lembaran karet isolsator sehingga membentang dan tidak menutup daerah kerja,

Rubber Dam Holder : band elastis yang dilengkapi dengan jepitan dan ditempatkan di belakang kepala untuk menjaga agar isolator karet tidak menghalangi daerah kerja.

Rubber Dam Ligature : benang gigi yang diikatkan dengan kuat sekeliling leher gigi untuk menahan isolator karet.

Rubber Dam Mask : berbagai macam varian isolator karet yang terdiri atas lembaran persegi karet isolator yang menempel pada kertas tahan sobek berbentuk persegi yang dilengkapi dua loop elastis yang dapat dicantolkan ke telinga pasien.

Rubber Dam Punch : pernbolong, instrumen yang digunakan untuk membuat lubang berbagai ukuran pada lembaran karet isola­tor.

Rubber Dam Weight : logarn keeil yang dijepitkan pada tepi bawah isolator untuk mengen­dalikan dan meregangkannya.

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---