Kesadaran Masyarakat terhadap Kesehatan Gigi Masih Kurang

 

LAMONGAN, SELASA — Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan gigi dinilai masih kurang. Pada Seminar dan Table Clinic Kegawatdaruratan pada Bidang Kedokteran Gigi di Auditorium Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Selasa (6/1), Peter Agus, dari Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya, menyampaikan kegawatdaruratan medik di bidang kedokteran gigi bisa terjadi pada praktik sehari-hari, di antaranya gangguan pembekuan darah dan penderita tidak sadar.

Tuesday, 11 September 2012 00:50

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Written by

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

 

Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut anak. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak-anak yang masih balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap si anak.

Tuesday, 11 September 2012 00:46

KOTAK SOS GIGI

Written by

Bila dalam artikel sebelumnya oleh drg. Lindi tentang pencegahan trauma gigi anterior pada anak-anak, maka pada artikel ini ditampilkan kemungkinan

penyelamatan gigi bila trauma sudah terjadi. Apa yang harus dilakukan pada gigi yang avulsi..Gigi avulsi harus segera ditemukan di sekitar lokasi trauma. Gigi tersebut hanya boleh dipegang pada mahkotanya saja. Bila gigi terkena kotoran (terjatuh di jalanan, lapangan sepak bola, dll), maka harus segera dibilas di air mengalir dan segera diletakkan pada media yang basah/lembab. Media terbaik adalah "KOTAK SOS GIGI". Bila kotak/botol ini tidak tersedia, boleh digunakan susu (steril, lebih baik bila susu pasteurisasi), atau cairan infus NaCl (cairan isotonik).

Page 4 of 4