Mercury (quicksilver)

mercury (quicksilver) / air raksa ; Latin :  mercurius, atau hydrargy­rum.

Definisi

Logam berat cair, dergan rumus kimia Hg, adalah satu­-satunya logam yang dalam keadaan cair pada temperatur biasa berwarna putih keperakan. Nomor atom 80, berat atom 200,59. Tidak larut dalam pelarut biasa, larut sebagian dalam asam hidroklorik mendidih, dapat dilarutkan dalam nitric acid. Merkuri membentuk dua set senyawa — mercurous, satu atom bergabung dengan radikal monovalen, dan mercuric, satu atom merkuri bergabung dengan radikal bivalen.

Merkuri dan garam-garamnya telah diguna­kan sebagai obat pencahar, obat anti-sifilis, antiseptik, desinfektan, dan astringent. Merkuri diabsorbsi oleh membran mukosa dan kulit sehingga menyebabkan kera­cunan kronik. Karena toksisitasnya, peng­gunaan merkuri sebagai obat makin berkurang.

Garam-garam mercuric lebih larut dan lebih toksik dibandingkan dengan garam-garam mercurous. Memuai ketika terkena panas sehingga dipakai dalam termometer. Juga karena beratnya, dipakai dalam sfigmomanometer (instrumen untuk mengukur tekanan darah). Banyak diguna­kan dalam kedokteran gigi sebagai tambalan dental amalgam, yang diperoleh dengan mencampurkannya dengan suatu aloi. Beracun dan mengeluarkan uap toksik jika dibiarkan terbuka pada ruangan panas.

mercury salicylate, garam yang mengandung merkuri 54-59%; dahulu digunakan untulk mengobati sifilis.

More in this category: « Mesial Mercurialism »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---